Rupiah Senin Pagi Bergerak Kuat Meski BI Lemahkan Kurs Referensinya

609

Masuki perdagangan pasar valas di tanah air hari Senin (3/4), BI melemahkan kurs referensi mata uang rupiah terhadap dollar AS. Namun kondisi ini tidak membuat pergerakan rupiah di pasar spot melemah, buruknya performa dollar AS membuat rupiah masih mampu bergerak positif .

Penguatan rupiah terhadap dollar AS membuat  membuat investor asing banyak setor modalnya ke bursa saham,  sehingga  net buy sebesar Rp209 miliar lebih. Support kuat modal asing tersebut membuat IHSG kembali berhasil melewati  kisaran 5600.

Lihat: IHSG 3 April Cetak Rekor Tembus 5600, Raih 48 Miliar Dana Asing

Pergerakan kurs rupiah di pasar spot pagi ini bergerak positif dengan posisi melemah 0,07%  dari akhir perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13316/US$ setelah  dibuka kuat pada level Rp13323/US$. Dan untuk kurs jisdor BI tetapkan lebih lemah menjadi 13324 dari 13321 perdagangan sebelumnya.

Untuk pergerakan kurs Rupiah di pasar spot selanjutnya  berpotensi menguat  pada akhir perdagangan oleh proyeksi lemahnya pergerakan dollar AS di pasar spot terhadap rival utamanya sehingga  analyst Vibiz Research Center memperkirakan rupiah bergerak di level support di 13331 dan  resistance di 13305.

H Bara/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here