Bank Indonesia Pertahankan Suku Bunga Tetap pada 4,75 Persen

790
Vibizmedia Photo

Bank Indonesia mempertahankan suku bunga tidak berubah pada Kamis (20/04). Bank Indonesia mempertahankan BI 7-day Reverse Repo Rate (BI 7-day RR Rate) tetap sebesar 4,75%, dengan suku bunga Deposit Facility tetap sebesar 4,00% dan Lending Facility tetap sebesar 5,50%, berlaku efektif sejak 21 April 2017.

Seperti yang dilansir dalam website Bank Indonesia, keputusan mempertahankan suku bunga tersebut adalah konsisten dengan upaya Bank Indonesia menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan dengan tetap mendorong berlanjutnya proses pemulihan perekonomian domestik.

Pertimbangan juga melihat perkembangan dari sisi global, dimana terdapat indikasi perbaikan prospek perekonomian negara maju, dimana ekonomi AS yang terus menguat disertai dengan membaiknya ekonomi Eropa dan Tiongkok. Pertumbuhan ekonomi AS mantap didukung oleh konsumsi dan ketenagakerjaan yang positif dan investasi yang membaik terutama di sektor energi seiring dengan kenaikan harga minyak. Perekonomian Eropa berpotensi meningkat dengan perbaikan konsumsi dan ekspor. Sedangkan perekonomian Tiongkok diperkirakan tetap kuat didukung oleh konsumsi dan investasi.

Namun sejumlah risiko tetap perlu dicermati terutama wacana penurunan besaran neraca bank sentral AS dan faktor geopolitik.

Sedangkan dari sisi domestik, risiko yang perlu diwaspadai adalah dampak penyesuaian administered prices terhadap inflasi dan masih berlanjutnya konsolidasi korporasi dan perbankan yang menyebabkan belum optimalnya dampak stimulus perekonomian. Untuk itu, Bank Indonesia terus berupaya memperkuat bauran kebijakan moneter, makroprudensial, dan sistem pembayaran guna menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here