Bursa Shanghai 24 April Anjlok Terburuk Tahun 2017, Peraturan Keras Regulator Menekan Pasar

768
bursa shanghai

Indeks Shanghai di bursa Tiongkok Senin (24/04) berakhir merosot -1,37 persen atau -43,38 poin menjadi ditutup pada 3129.78. Bursa Shanghai anjlok lebih dari 1 persen pada hari Senin di hari terburuk mereka tahun ini di tengah tanda-tanda bahwa Beijing akan mentolerir volatilitas pasar lebih lanjut karena regulator semakin menekan perdagangan bayangan dan perdagangan spekulatif.

Keyakinan pasar juga telah terpukul oleh perkiraan penawaran umum perdana yang diperkirakan akan memompa lebih banyak pasokan ke pasar yang melemah, dan oleh kekhawatiran bahwa ekonomi terbesar kedua di dunia akan mulai kehilangan tingkat bunga dalam beberapa bulan mendatang.

Tanda-tanda stabilitas baru-baru ini di ekonomi Tiongkok telah memberikan lingkungan eksternal yang baik dan sebuah kesempatan untuk mengurangi pengaruh dalam sistem keuangan, memperkuat pengawasan dan menangkal risiko,” kantor berita resmi Xinhua melaporkan pada hari Minggu.

“Selama sepekan terakhir, suku bunga PUAB naik lebih tinggi, obligasi dan pasar modal mengalami koreksi yang berkelanjutan dan beberapa institusi menghadapi tekanan likuiditas, namun hal ini berdampak kecil terhadap stabilitas lingkungan yang lebih luas.”

Komentar Xinhua membatalkan harapan lebih jauh bahwa pemerintah akan masuk untuk membendung penurunan pasar saham lebih lanjut, seperti pada saat terjadi kecelakaan pada pertengahan 2015.

Saham Tiongkok telah berada di lintasan ke bawah sejak pertengahan April dan telah kehilangan hampir 3 persen bulan ini, menghapuskan sebagian keuntungan mereka sepanjang tahun ini.

Penurunan harian lebih dari 1 persen dalam indeks telah langka untuk pasar Tiongkok yang sangat volatile tahun ini, meskipun beberapa saham kapitl kecil yang sangat spekulatif telah melihat ayunan liar sebagai spekulator pertama, kemudian regulator menumpuk.

Dalam selang beberapa langkah peraturan dalam beberapa pekan terakhir, regulator asuransi Tiongkok mengatakan pada hari Minggu bahwa pihaknya akan meningkatkan pengawasannya terhadap perusahaan asuransi untuk memastikan mereka mematuhi kontrol risiko yang lebih ketat.

Hal ini juga mengancam untuk menyelidiki eksekutif yang melanggar peraturan yang bertujuan untuk membasmi peningkatan risiko.

Regulator perbankan mengatakan pada akhir hari Jumat bahwa pertumbuhan produk pengelolaan kekayaan Tiongkok (WMPs) dan kewajiban antar bank mereda pada kuartal pertama, menunjukkan pihak berwenang membuat kemajuan dalam menahan risiko finansial yang dibangun oleh stimulus lonjakan hutang selama bertahun-tahun.

Tapi sementara tindakan keras diperkirakan akan berlanjut, sebagian besar analis yakin bahwa langkah tersebut akan berhati-hati untuk tidak memukul pertumbuhan ekonomi, dan beberapa orang skeptis percaya bahwa pihak berwenang akan terus menunda reformasi yang lebih dalam dan lebih menyakitkan.

Investor sudah khawatir bahwa ekonomi bisa kehilangan momentum dalam beberapa bulan mendatang karena pemerintah daerah memulai langkah-langkah yang lebih ketat dalam sebuah upaya untuk mendinginkan harga properti yang memanas.

Perhatian besar lainnya bagi investor adalah laju IPO baru.

Hingga 500 IPO diperkirakan akan disetujui untuk meningkatkan tidak lebih dari 300 miliar yuan ($ 43,57 miliar) pada 2017, seorang pejabat di Shanghai Stock Exchange mengatakan.

Puluhan saham yang baru tercatat telah kehilangan lebih dari 30 persen selama beberapa pekan terakhir di tengah peraturan yang lebih ketat dan harapan akan penawaran ekuitas yang lebih banyak.

Pada hari Senin, 2.620 saham turun, sementara hanya 390 yang naik.

Sektor utama jatuh di seluruh papan, dipimpin oleh saham infrastruktur.

Sentimen Bearish menyebar ke saham tema investasi utama, termasuk rencana infrastruktur “One Belt, One Road” yang ambisius untuk menghubungkan Tiongkok ke pasar Eropa, dan Zona Ekonomi Xiongan yang baru di dekat Beijing.

Bursa Efek Shanghai mengatakan akan memberikan perhatian khusus pada spekulasi berlebihan pada saham terkait konsep Xiongan, dan akan mengambil tindakan peraturan yang lebih ketat jika diperlukan untuk mengandung aktivitas spekulatif abnormal yang mengganggu pasar.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Shanghai akan mengalami tekanan jika pemerintah Tiongko terus menjalankan peraturan yang keras terhadap pasar property, asuransi maupun wealth management serta perbankan. Namun bisa juga terjadi aksi bargain hunting setelah bursa anjlok. Indeks diperkirakan bergerak dalam kisaran Support 3029-2934, dan jika naik akan bergerak dalam kisaran Resistance 3223-3321.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here