Indeks Kospi 16 Mei Bergerak Lemah Tertekan Saham Ritel

506
indeks kospi

Bursa saham Seoul mengalami penurunan pada perdagangan Selasa (16/05). Meski sempat dibuka naik pada 15 menit perdagangan pertama, namun indeks kembali terjerembab kehilangan -1,65 poin, atau -0,07 persen, pada level 2289,00.

Kenaikan di awal perdagangan didukung dari bullish nya saham-saham blue chips, seperti Samsung Electronics naik 1,18 persen, SK Hynix naik 1,27 persen. Selain itu perusahaan pialang juga memimpin kenaikan sekitar 2 persen, seperti Mirae Asset Daewoo Securities.

Di sisi lain, isu-isu domestik membuat beberapa saham bergerak ke bawah, seperti Korea Electric Power Corp merosot 2,4 persen, Orion turun hampir 2 persen.

Saham Korea Selatan beringsut turun setelah awal yang kuat Selasa malam, karena saham peritel utama dan perusahaan farmasi memperlebar kerugian, kata analis.

Lotte Shopping, yang mengelola department store dan unit rantai hypermarket Lotte Group, konglomerat kelima terbesar di negara itu, turun 1,3 persen. Peritel terkemuka lainnya, Shinsegae juga turun 1,8 persen.

Perusahaan farmasi Hanmi Pharm Co dan Yuhan Corp masing-masing turun 1,6 persen dan 2 persen.

Sebaliknya, pembangun cenderung berada di wilayah positif, dengan Hyundai Engineering & Construction melonjak 2,3 persen.

Mata uang lokal diperdagangkan pada posisi 1116,80 terhadap dolar A.S, naik 6,8 won dari penutupan Senin kemarin.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Seoul akan bergerak datar dengan investor berhati-hati menantikan kebijakan pemerintahan presiden terpilih Korea Selatan. Indeks diperkirakan akan bergerak dalam kisaran Support 2.261-2.240, dan jika harga meningkat akan bergerak dalam kisaran Resistance 2.303-2.320.

Evi/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here