Pelemahan Rupiah Hingga Selasa Siang Masih Lanjut

752

Pergerakan rupiah dipasar spot internasional hari Selasa (4/7) alami tekanan yang sangat kuat oleh kuatnya dollar AS sejak perdagangan sebelumnya. Lemanya rupiah juga mendapat tekanan dari pelemahan kurs referensi rupiah yang ditetapkan BI untuk transaksi antar bank hari ini.

Pergerakan rupiah yang sangat lemah  terhadap dollar    AS pagi ini   membuat investor asing banyak tarik  modalnya dari bursa saham,  sehingga membentuk net sell sebesar Rp818 miliar lebih. Support kuat investor asing  tersebut  memberikan tekanan kuat bagi IHSG yang sedang bergerak retreat oleh profit taking.

Lihat: IHSG 4 Juli Sesi 1 Merosot Tertekan Profit Taking Asing

Pergerakan kurs rupiah di pasar spot pagi ini bergerak positif dengan posisi terkini melemah 0,06% dari akhir perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13375/US$ setelah  dibuka lemah pada level Rp13399/US$. Demikian untuk kurs tengah yang di tetapkan BI  lebih lemah dari perdagangan sebelumnya di 13386 dari 13325.

Untuk pergerakan kurs Rupiah di pasar spot selanjutnya  masih berpotensi melanjutkan pelemahan. Sehingga  analyst Vibiz Research Center memperkirakan rupiah bergerak di level support di 13410 dan  resistance di 13370.

H Bara/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here