Ekspor Mei Jerman Lebih Kuat, Surplus Perdagangan Melebar

829

Ekspor Jerman naik lebih kuat dari yang diperkirakan pada bulan Mei, melampaui peningkatan impor yang solid dan membuat pelebaran surplus perdagangan ekonomi terbesar Eropa ini, demikian data Kantor Statistik Federal menunjukkan pada hari Senin (10/07).

Ekspor naik 1,4 persen, sebagai kenaikan bulanan kelima berturut-turut. Sementara impor naik 1,2 persen.

Kedua angka tersebut menguat lebih kuat dari perkiraan: Sebuah jajak pendapat Reuters menunjuk ekspor naik 0,3 persen dan impor naik 0,5 persen.

Permintaan barang-barang Jerman dari negara-negara di luar Uni Eropa meningkat paling tinggi, dengan ekspor ke negara-negara ketiga yang disebut, termasuk Tiongkok, Jepang dan Amerika Serikat, melonjak 17,3 persen, rincian angka perdagangan yang tidak disesuaikan menunjukkan.

Surplus perdagangan naik tipis menjadi 20,3 miliar euro dari revisi 19,7 miliar euro di bulan April. Pembacaan bulan Mei sesuai dengan perkiraan konsensus Reuters.

Surplus neraca berjalan yang lebih luas di Jerman, yang mengukur arus barang, jasa dan investasi, meningkat menjadi 17,3 miliar euro setelah merevisi 14,9 miliar euro pada bulan April, data yang tidak disesuaikan menunjukkan.

Angka-angka perdagangan datang pada tumit data manufaktur solid dirilis pada hari Jumat yang menunjukkan produksi industri naik lebih dari yang diperkirakan pada bulan Mei, meningkatkan harapan bahwa pabrik akan mendukung pertumbuhan pada kuartal kedua.

Analis memperkirakan ekonomi Jerman akan meningkat pada kuartal kedua setelah berkembang 0,6 persen dalam tiga bulan pertama tahun ini.

IMF telah meningkatkan perkiraan pertumbuhannya untuk ekonomi Jerman tumbuh sebesar 1,8 persen pada 2017 secara riil, dibandingkan dengan perkiraan April sebesar 1,6 persen, dengan alasan permintaan domestik yang melonjak dan rebound ekspor.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here