Bursa Eropa Berakhir Positif Terdukung Kekuatan Ekspor Jerman

750

Pasar Saham Eropa ditutup menguat pada Senin karena data ekspor kuat dari Jerman mendorong sentimen ekonomi.

Indeks FTSE berakhir pada 7370.03, naik 19.11 poin atau 0,26%

Indeks DAX berakhir pada 12445.92, naik 57,24 poin atau 0,46%

Indeks CAC berakhir pada 5165.64, naik 20.48 poin atau 0,40%

Indeks IBEX 35 berakhir pada 10509.50, naik 20.70 poin atau 0,20%

Indeks Pan-European Stoxx 600 berakhir naik 0,38 persen dengan hampir semua sektor dan bursa utama di wilayah positif. Saham teknologi berada di antara yang berkinerja terbaik karena investor memperoleh kembali keyakinan di sektor ini setelah jeda singkat di awal bulan ini.

Melihat saham individual, Air France-KLM mengurangi semua keuntungan awalnya setelah melaporkan pemesanan kuartal kedua yang kuat – sebuah indikasi bahwa ketertarikan di pasar liburan Prancis mungkin akan kembali setelah jeda yang dipicu oleh masalah keamanan tahun lalu. Sahamnya berakhir sedikit lebih rendah.

Alfa Laval dari Swedia adalah salah satu pemain top setelah mendapat upgrade rating dari Bank of America Merrill Lynch. Sahamnya ditutup hampir 3 persen lebih tinggi.

Perusahaan surat dan e-commerce Postnl melonjak ke puncak benchmark, naik di atas 4 persen. Saham di perusahaan pos Belanda tampak melambung setelah Henk Kamp, menteri ekonomi, menyarankan agar perubahan peraturan dibutuhkan di industri ini.

Sementara itu, di A.S., Wall Street terus sedikit menguat karena pasar obligasi pemerintah menunjukkan tanda-tanda stabil setelah aksi jual baru-baru ini.

Surplus perdagangan Jerman melebar karena melaporkan ekspor naik lebih dari yang diperkirakan pada bulan Mei. Total ekspor barang meningkat sebesar 1,4 persen menjadi 107,9 miliar euro ($ 123,1 miliar) di bulan Mei. Ini diterjemahkan ke lompatan 14,1 persen dari tahun sebelumnya. Impor naik 1,2 persen pada bulan ini menjadi rekor 87,6 miliar dalam penyesuaian. Itu naik 16. 2 persen pada Mei 2016.

Para pemimpin dunia bertemu di akhir pekan di Hamburg pada perundingan G-20 tahunan ke-12, di mana isu global seperti perdagangan, perubahan iklim dan pertahanan dibahas.

Sore nanti akan dirilis data Produksi Industri Mei Italia yang diindikasikan meningkat.

Analyst Vibiz Resaerch Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak naik jika data ekonomi terealisir naik. Juga akan mencermati pergerakan harga minyak mentah dan bursa Wall Street.

Doni/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here