Bursa Saham Hong Kong Naik Menuju Kenaikan Mingguan Terbaik Dalam Setahun

965

Saham-saham Hong Kong jatuh pada hari Jumat (14/07) pagi, memotong keuntungan hari sebelumnya, namun masih dapat membukukan kenaikan terbaik dalam setahun karena didorong oleh sektor perbankan dan perusahaan asuransi Tiongkok, karena kekhawatiran mengenai pengetatan kebijakan moneter di Tiongkok dan A.S. mereda.

Pasar saham utama juga bergerak melemah di awal perdagangan. Tapi indeks berbalik arah dan mulai memasuki zona positif dengan menambahkan 14,88 poin, atau 0,06 persen, pada level 26.361,05.

Komisi Sekuritas dan Futures Hong Kong pada hari Kamis berjanji akan keluar dari belakang layar, dan menggunakan kekuatan hukum yang ada untuk mengatur perusahaan yang terdaftar secara lebih langsung dan proaktif, sebuah langkah yang dapat menyebabkan penolakan pencatatan aplikasi atau mengeluarkan perusahaan yang memiliki masalah keuangan.

Komentar dovish dari Ketua Federal Reserve AS Janet Yellen juga mendorong sentimen pasar.

Yellen mengatakan pada hari Kamis bahwa akan “cukup menantang” bagi pertumbuhan A.S. untuk mencapai target 3 persen yang ditetapkan oleh Presiden Donald Trump.

Raksasa internet Tiongkok, Tencent turun -0,4 persen menjadi 283,400 dolar HK, di bawah rekor 288,40 dolar HK pada bulan lalu.

Saham-saham finansial Tiongkok merosot tipis, dengan China Construction Bank turun -0,2 persen menjadi 6,38 dolar HK, Industrial Commercial Bank of China turun -0,4 persen, dan Bank of China turun -0,8 persen menjadi 3,77 dolar HK.

Konglomerat Hong Kong juga tergelincir, CKH Holdings turun -0,2 persen menjadi 100,60 dolar HK, Citic turun -0,2 persen menjadi 11,84 dolar HK.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, indeks Hang Seng akan bergerak naik karena kebijakan dari Komisi Sekuritas dan Futures dapat mendorong aliran dana ke Hong Kong.

Evi/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here