Dollar AS Anjlok Terendah 10 Bulan

989

Dollar AS mencapai titik terendah terhadap euro dan franc Swiss dalam lebih dari satu tahun pada hari Selasa, dengan indeks dolar yang lebih luas menyentuh level terendah lebih dari 10 bulan, dengan berkurangnya kepercayaan pada agenda Presiden Donald Trump A.S. dan kegelisahan atas sentimen hawkish bank sentral di luar negeri.

Upaya senator Republikan untuk menyampaikan RUU perawatan kesehatan mereka sendiri ambruk Senin malam, memicu keraguan akan kemungkinan bahwa agenda pro-pertumbuhan Trump akan membuahkan hasil.

Pedagang juga tetap meragukan Federal Reserve akan dapat menaikkan suku bunga lagi tahun ini, sementara bank sentral lainnya termasuk Bank Sentral Eropa dan Bank of England telah memberi sinyal kebijakan yang lebih hawkish terhadap kebijakan pengetatan.

Euro menyentuh $ 1,1556 melawan dolar, terkuat sejak awal Mei 2016, dengan analis mencatat pedagang yang telah bertaruh terhadap euro dipaksa untuk “menutupi” atau membeli kembali mata uangnya.

Indeks dolar, yang mengukur dollar AS terhadap sekeranjang enam saingan utama, menyentuh titik terendah sejak awal September 94,63. Dolar menyentuh 0,9548 franc, terendah terhadap mata uang Swiss sejak akhir Juni 2016, sementara dolar menyentuh level terendah tiga minggu terhadap yen Jepang sebesar 112,01 yen.

Indeks dolar telah turun 7,5 persen sejak awal tahun ini, sebagian karena keraguan atas agenda stimulus fiskal Trump, dengan sebagian besar penurunan dimulai pada awal Maret. Dolar Australia merupakan penerima manfaat dari kelemahan dollar AS pada hari Selasa dan melonjak ke level tertinggi lebih dari dua tahun di $ 0,7917.

Pembacaan lemah pada Jumat inflasi dan penjualan ritel AS meningkatkan spekulasi The Fed mungkin tidak memiliki dasar untuk kenaikan suku bunga lain pada akhir tahun ini, meskipun ada proyeksi pembuat kebijakan untuk langkah tersebut.

Malam nanti akan dirilis data perumahan Housing Starts dan Building Permits Juni yang diindikasikan meningkat.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan dollar AS masih bergerak lemah hari ini, namun jika malam nanti data perumahan AS terealisir meningkat, akan membantu kenaikan dollar AS.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here