Bursa Tokyo 20 Juli Berakhir Naik Terdorong Penguatan Bursa Global

765
Photo by Vibizmedia

Bursa Saham Jepang berakhir menguat pada hari Kamis (20/07), dengan kapitalisasi pasar papan utama mencapai level tertinggi hampir dua tahun karena investor tetap optimis setelah bursa saham global menguat.

Indeks Nikkei berakhir 0,6 persen lebih tinggi pada 20.144,59 poin, sementara indeks Topix yang lebih tinggi naik 0,7 persen menjadi 1.633,01, tingkat penutupan tertinggi sejak Agustus 2015.

Kapitalisasi pasar saham Tokyo Stock Exchange mencapai 601 triliun yen ($ 5,36 triliun), tertinggi sejak Agustus 2015.

Kenaikan bursa Jepang juga terdukung hasil rekor bursa Wall Street. Indeks Dow Jones Industrial Average, S & P 500 dan Nasdaq mencatat rekor tertinggi.

Indeks saham Asia Pasifik terbesar MSCI di luar Jepang bertambah 0,2 persen, melayang mendekati level tertingginya sejak Desember 2007, dan awal pasar Eropa bergerak positif.

Pada hari Kamis, Bank of Japan mempertahankan kebijakan moneter stabil seperti yang diharapkan, dan mendorong kembali waktu untuk mencapai target inflasi 2 persen, memperkuat ekspektasi akan tertinggal jauh di belakang bank sentral global utama dalam memutar kembali program stimulus massalnya.

Juga mendukung kenakan adalah data di awal hari yang menunjukkan bahwa ekspor Jepang naik untuk bulan ketujuh berturut-turut di bulan Juni, dipimpin oleh pengiriman mobil dan barang elektronik.

Saham-saham terkait minyak naik setelah harga minyak mentah melonjak hampir 2 persen ke level tertinggi enam minggu menyusul laporan A.S. yang menunjukkan penurunan mingguan lebih besar dari perkiraan pada saham mentah dan bensin, bersamaan dengan penurunan persediaan destilat yang mengejutkan. Saham Inpex naik 1,0 persen dan saham Japan Petroleum menambahkan 1,5 persen.

Namun sektor perbankan berkinerja buruk, dengan Mitsubishi UFJ Financial Group menambahkan 0,1 persen dan Sumitomo Mitsui Financial Group turun 0,8 persen.

Malam nanti akan dirilis data Jobless Claim yang diindikasikan meningkat. Jika terealisir dapat menekan bursa Wall Street.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan indeks Nikkei bergerak lemah jika bursa Wall Street terealisir melemah.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here