Ekonomi Kawasan Euro Tumbuh Tercepat Dalam Lebih Dari Dua Tahun

998

(Vibiznews – Economy & Business) – Ekonomi kawasan euro mungkin telah tumbuh pada laju tercepat dalam lebih dari dua tahun di kuartal ketiga setelah kenaikan yang tidak terduga di bulan September.

Indeks IHS Markit untuk sektor swasta melonjak ke level tertinggi empat bulan di 56,7 dari 55,7 di bulan Agustus dimana prediksi para ekonom mengharapkan berada di level 55,6. Baik sector layanan dan manufaktur diperkuat, dengan alat pengukur untuk yang terakhir mencapai tingkat yang belum pernah di capai dalam lebih dari enam tahun.

Indeks HIS Markit mengatakan ekonomi menunjukkan “ledakan aktivitas” pada bulan September dan survei menunjukkan pertumbuhan ekonomi sebesar 0,7 persen selama kuartal tersebut, tingkat yang akan menjadi yang tercepat sejak awal 2015. Beberapa perusahaan mengemukakan kekhawatiran tentang kekuatan euro, namun Markit mengatakan bahwa mata uang tersebut tampaknya telah “hanya berdampak kecil pada ekspor.”

Laporan terpisah pada hari Jumat menunjukkan perbaikan di Jerman dan Prancis bulan ini, dengan PMI untuk kedua negara mencapai angka tertinggi dalam lebih dari enam tahun. Markit mengatakan bahwa Negara Jerman, ekonomi terbesar zona euro, berada dalam “kesehatan yang buruk.”

Pembacaan positif terakhir membuat kawasan 19 negara berjalan sesuai tahun terbaiknya sejak setidaknya tahun 2010.

Produk domestik bruto saat ini diperkirakan akan naik 2,1 persen tahun ini, naik 0,1 persen dibanding Agustus.

Bank Sentral Eropa juga menaikkan perkiraan bulan ini, menjadi 2,2 persen. Presiden ECB Mario Draghi mengatakan pada saat ekspansi “terus solid dan berbasis luas di seluruh negara dan sektor.”

Dengan latar belakang tersebut, para pembuat kebijakan telah memulai sebuah debat tentang bagaimana memperlambat pembelian aset bulanan yang telah mereka gunakan untuk membantu mendukung perekonomian dalam beberapa tahun terakhir.

Selasti Panjaitan/VMN/VBN/Senior Analyst Stocks-Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here