Vietnam Capai Tingkat Pertumbuhan Ekonomi 6,41 Persen Sampai September Ini

612

(Vibiznews – Economy & Business) – Pertumbuhan ekonomi Vietnam meningkat pada kuartal ketiga menjadi lebih dari 7 persen, salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi yang tercepat di dunia.

Ikhtisar laporan PDB

Produk domestik bruto naik 7,46 persen pada kuartal ketiga dari tahun sebelumnya, dibandingkan dengan revisi 6,28 persen dalam tiga bulan sebelumnya, Kantor Statistik Umum mengatakan di Hanoi pada hari Jumat
Perekonomian tumbuh 6,41 persen dalam sembilan bulan sampai September, dibandingkan dengan 6,1 persen yang diperkirakan ekonom

Backdrop

Pertumbuhan yang kuat memudahkan tekanan pada pejabat Vietnam untuk menambahkan lebih banyak stimulus untuk memenuhi target ekspansi ekonomi 6,7 persen tahun ini. Ekspor akan tetap kuat karena pembukaan pabrik baru dan kenaikan harga komoditas, Bank Pembangunan Asia mengatakan dalam sebuah laporan bulan ini, karena memperkirakan pertumbuhan di atas 6 persen tahun ini dan selanjutnya.

Bank sentral negara ini secara tak terduga memangkas suku bunga acuan untuk pertama kalinya dalam tiga tahun di bulan Juli. Perdana Menteri Nguyen Xuan Phuc pada bulan Agustus juga meminta bank sentral untuk mengambil langkah-langkah untuk menurunkan suku bunga pinjaman bank guna membantu bisnis.

Negara-negara di Asia yang pertumbuhan ekonominya lebih dari 6 persen per tahun adalah Tiongkok, India dan Filipina.

Tampilan ekonom

Manufaktur naik 12,8 persen dalam sembilan bulan sampai September dibandingkan dari tahun sebelumnya
Ekspor meningkat 19,8 persen, defisit perdagangan adalah $ 442 juta pada periode tersebut
Investasi langsung asing yang disalurkan naik 13,4 persen menjadi $ 12,5 miliar, FDI menjanjikan meningkat 34,3 persen
Harga konsumen naik 3,4 persen pada September dari tahun sebelumnya. Pemerintah menargetkan kenaikan harga rata-rata sebesar 4% tahun ini.

Selasti Panjaitan/VMN/VBN/Senior Analyst Stocks-Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here