Bursa Eropa Berakhir Mixed; Pidato Draghi dan Data Retail Sales Dicermati

485

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa berakhir mixed pada penutupan Senin malam (06/11), dengan investor mencatat berita terbaru, sambil mengamati kenaikan tajam komoditas.

Indeks Pan-European Stoxx 600 ditutup naik 0,13 persen sementara dengan sektor-sektor yang menunjuk ke arah yang berbeda pada saat penutupan.

Sementara bursa berakhir mixed dengan kenaikan FTSE 100 dari Inggris sebesar 0,03 persen; sementara CAC 40 Prancis turun 0,19 persen dan DAX Jerman turun 0,07 persen.

Komoditas mengungguli sebagian besar sektor pada hari Senin, dengan harga minyak dan logam keduanya membukukan kenaikan tajam pada penutupan Eropa. Sektor utama Eropa adalah sumber daya dasar, ditutup 1,17 persen, karena investor memperkirakan permintaan nikel dan tembaga lebih tinggi. Goldman Sachs menaikkan perkiraan untuk nikel, menurut Reuters. Di saham, penambang yang terdaftar di London, Centamin, BHP Billiton dan Anglo American semuanya meningkat lebih dari 1,5 persen.

Terkait kenaikan komoditas tersebut, minyak mentah Brent dan WTI diperdagangkan naik tajam lebih tinggi dari penutupan, naik 2 persen atau lebih. Ini menyusul kabar bahwa beberapa menteri dan pangeran Saudi ditahan akhir pekan lalu sebagai bagian dari penyelidikan anti-korupsi. Sektor minyak dan gas naik 0,73 persen. Spot silver dan spot harga emas juga naik.

Telekomunikasi sementara itu berada di antara sektor dengan kinerja terburuk Senin menyusul berita bahwa Sprint dan T-Mobile membatalkan merger mereka setelah beberapa bulan melakukan pembicaraan. Deutsche Telekom, yang memiliki T-Mobile, turun 2,6 persen sebagai hasilnya. Altice adalah saham dengan kinerja terburuk di sektor ini, namun mengurangi kerugiannya menjadi lebih dari 3 persen.

Melihat saham individual, musim pendapatan terus menggoyang sentimen, dengan keseluruhan jumlah korporat melaporkan minggu ini.

Postnl adalah pemain terbaik ketiga di Eropa pada STOXX 600 setelah melaporkan pendapatan kuartal ketiga yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Saham melonjak hampir 4,5 persen.

Sbm Offshore merosot 13,8 persen setelah mengumumkan penyisihan $ 238 juta untuk menyelesaikan penyelidikan A.S. terkait dengan praktik penjualan yang tidak tepat, Reuters melaporkan.

Juga di dekat bagian bawah STOXX 600, Vopak turun 6 persen setelah kehilangan target laba kuartal ketiga dan dengan demikian menurunkan perkiraan pendapatannya untuk tahun 2017.

Di tempat lain, Coloplast muncul 5,4 persen. Ini terjadi setelah Kepler Cheuvreux menaikkan target harga saham. Sementara itu, Societe Generale tergelincir 3,65 persen, karena beberapa broker memangkas target harga saham mereka.

Sore nanti akan dirilis data Retail Sales September zona Eropa yang diindikasikan meningkat. Juga pasar akan mencermati pidato Presiden ECB Mario Draghi.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak positif dengan data ekonomi positif, Juga akan mencermati pidato Draghi sore nanti.

Asido Situmorang/VMN/VBN/Editor & Senior Analyst Vibiz Research Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here