Komodo Bond Pertama Diterbitkan di London

751

(Vibiznews – Bonds & Mutual Funds) – Hari ini (Rabu, 13/12/2017) London Stock Exchange di Inggris mengumumkan penerbitan pertama surat utang berdenominasi rupiah, berdurasi 3 tahun dari PT Jasa Marga (persero) Tbk (JSMR) dengan nama Komodo Bond dengan kupon 7,5%. Nilai yang diterbitkan mencapai Rp 4 triliun atau setara dengan USD 295,7 juta.

Surat utang tersebut sangat menarik bagi investor. Tercatat permintaan yang masuk mencapai empat kali lipat dari yang ditawarkan operator jalan Jasa Marga, badan usaha milik negara.
Hasil dari penerbitan surat utang akan digunakan oleh Jasa Marga untuk menarik investor global di London untuk mendukung pembiayaan dalam rangka pembangunan infrastruktur di dalam negeri, dan untuk akselerasi pertumbuhan ekonomi nasional..

Menteri BUMN Rini Soemarno, menyatakan jenis surat utang ini akan memberikan keuntungan besar kepada investor. Infrastruktur adalah peluang investasi yang menarik di Indonesia.
“Investor bisa mendapatkan keuntungan dengan mengambil kesempatan berinvestasi di infrastruktur Indonesia. Komodo Bond adalah akses untuk investor asing bisa terlibat dalam infrastruktur berkualitas tinggi  untuk diversifikasi portfolio mereka. Investor juga akan mendapat keuntungan yang lebih tinggi dibandingkan dengan obligasi dalam mata uang USD,” ungkap Rini.

Desi Arryani, CEO, Jasa Marga mengatakan“Kami sangat senang melihat partisipasi yang luas dari partisipasi investor global dalam Komodo Bond ini. Transaksi ini bukan hanya merupakan tonggak penting bagi Jasa Marga namun juga merupakan langkah maju yang signifikan dalam membuka jalan bagi peminjam Indonesia lainnya untuk mengakses cara baru pembiayaan ini.

 “ Dengan pengalaman kredit yang baik dan sifat pendapatan yang stabil, Jasa Marga mendapat kesempatan memperoleh minat investor awal menjelang pengumuman transaksi.

Penerbitan melalui London Stock Exchange, bursa efek yang paling terkenal di dunia, memungkinkan Jasa Marga melakukan diversifikasi sumber pendanaannya, setelah memasuki pasar lokal melalui sekuritisasi dan penerbitan project bond awal tahun ini, yang juga merupakan yang pertama di pasar modal lokal. Transaksi Jasa Marga ini merupakan tonggak sejarah baru bagi pasar modal Indonesia dan merupakan pembukaan kelas asset baru di pasar global, secara keseluruhan.

 

Belinda/VMN/VBN/Senior Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here