Bursa Asia Variatif dengan Bias Melemah, Mengikuti Wall Street

513

(Vibiznews – Index) – Pasar bursa saham Asia diperdagangkan bervariasi dengan bias melemah pada hari Jumat (15/12), dengan pasar Jepang memimpin penurunan di kawasan ini setelah pasar AS ditutup dalam zona merah.

Nikkei 225 Jepang berada di bawah tekanan, turun 0,82 persen di awal sesinya. Saham eksportir utama diperdagangkan melemah karena dollar melemah terhadap yen. Toyota turun 1,73 persen dan Sony 0,4 persen lebih rendah. Nama saham perbankan besar juga mengalami kerugian sekitar 1 persen.

Survei Tankan terbaru dari Jepang yang dirilis pada Jumat menunjukkan sentimen produsen besar telah meningkat untuk kuartal kelima secara berturut-turut, Reuters melaporkan. Skor plus 25 yang tercatat adalah yang tertinggi dalam 11 tahun, demikian menurut Reuters (15/12).

Di Selat Korea, Kospi naik tipis 0,69 persen setelah kehilangan tekanan dan ditutup melemah pada hari Kamis kendati sudah rally lebih dari 1 persen sebelumnya. Saham blue-chips berkontribusi terhadap kenaikan pada awal perdagangan hari Jumat. Samsung Electronics naik 0,16 persen, SK Hynix naik 0,79 persen dan Hyundai Motor naik 0,66 persen.

Di sebelah Selatan, S&P/ASX 200 turun 0,25 persen lebih rendah. Sektor finansial tertimbang melemah di pagi hari, sementara saham pertembangan utama beringsut lebih tinggi.

Di kawasan China, semua indeks sahamnya terpantau berada juga di zona merah, baik Hang Seng maupun Shanghai Composit.

 

Editor: J. John

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here