Bursa Asia Berakhir Mixed Terpengaruh Penutupan Pemerintah AS

491

(Vibiznews – Index) Bursa saham Asia ditutup bervariasi pada hari Senin (22/01) karena investor terus mengawasi perkembangan politik di A.S. setelah “government shutdown” AS mulai pekan lalu.

Indeks Nikkei 225 Jepang sedikit berubah, ditutup menguat 0,03 persen pada level 23,816.33. Pembuat mobil mixed : saham Toyota turun 0,78 persen sementara Mitsubishi Motors menempuh 1,74 persen pada akhir hari. Saham teknologi sebagian besar lebih tinggi, dengan Sony ditutup menguat 1,09 persen dan SoftBank Group menguat 0,95 persen.

Saham Toshiba naik 4,35 persen. Langkah selanjutnya menyusul kabar bahwa perusahaan tersebut mempertimbangkan listing unit memorynya. IPO merupakan salah satu saran yang dipertimbangkan jika penjualan chip unit senilai $ 18 miliar ke konsorsium yang dipimpin Bain gagal mendapatkan persetujuan dari regulator pada akhir Maret, Financial Times melaporkan pada hari Senin, mengutip sumber.

Sementara itu, Indeks Kospi Korea Selatan turun 0,72 persen menjadi berakhir pada 2,502.11 karena indeks kapital besar Samsung Electronics turun 2,19 persen pada hari itu. Saham teknologi lainnya beragam, dengan produsen chip SK Hynix turun 3 persen dan LG Display menguat 0,99 persen pada akhir sesi.

Sektor manufaktur, keuangan dan ritel juga merupakan gambaran yang beragam, dengan produsen baja Posco turun 2,08 persen dan Lotte Shopping turun 0,43 persen.

Indeks S & P / ASX 200 memberikan kenaikan yang terlihat di awal sesi untuk menyelesaikan sesi 0,23 persen lebih rendah pada 5,991.9. Sektor keuangan kapital besar turun 0,78 persen, membebani indeks yang lebih luas. Saham Commonwealth Bank merosot 1,23 persen, berkinerja buruk dengan saham perbankan lainnya.

National Australia Bank, bank “Big Four” terbesar di negara ini, dilaporkan mempertimbangkan untuk melakukan spin untuk unit wealthnya untuk listing potensial, Australian Financial Review melaporkan, mengutip sumber. Saham NAB lebih rendah 0,55 persen.

Indeks Hang Seng Hong Kong naik 0,43 persen pada 32393.41, dengan saham kasino di wilayah positif – Sands China naik 3,48 persen dan SJM Holdings naik 4,52 persen menjelang penutupan pasar. Sementara itu, sektor teknologi dan keuangan mixed, dengan Tencent lebih tinggi 1,33 persen dan HSBC lebih lembut sebesar 0,29 persen.

Indeks Shanghai naik 0,39 persen menjadi ditutup pada 3.501,36 dan indeks Shenzhen naik 1,16 persen menjadi berakhir pada 1.943,91. Indeks blue chip CSI 300 lebih tinggi sebesar 1,19 persen.

Di negara bagian, penghentian pemerintah A.S. akan berlanjut untuk hari ketiga setelah Senat gagal mendapatkan kesepakatan pada hari Minggu malam.

Sebelum perkembangan hari Minggu, ada beberapa tanda kemajuan, dengan orang-orang Republik tampil bersatu dalam rencana untuk mengakhiri kebuntuan dengan solusi sementara. Namun Demokrat, menginginkan kesepakatan imigrasi sebelum mereka mendukung rencana pengeluaran.

Terhadap yen, dolar diperdagangkan pada 110,87 – mendekati penutupan Jumat di 110,76. Indeks dolar, yang mengukur mata uangnya terhadap sekeranjang enam mata uang, diperdagangkan di 90.665.

Euro diperdagangkan pada $ 1,2217 pada pukul 2:59 siang. HK / SIN setelah naik ke $ 1,2274 tadi. Mata uang Euro menguat setelah Demokrat Sosial Jerman setuju untuk memulai perundingan koalisi formal dengan pemerintah Kanselir Angela Merkel setelah pemilihan partai akhir pekan.

Sementara itu, Bank sentral akan fokus minggu ini karena Bank of Japan mengadakan pertemuan kebijakan moneter dua hari yang dimulai Senin. Tidak ada perubahan besar yang diperkirakan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Asia akan mencermati pergerakan bursa Wall Street yang kemungkinan akan melemah pasca penutuan pemerintah AS

Asido Situmorang/VMN/VBN/Editor & Senior Analyst Vibiz Research Center

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here