Harga Rumah Singapura Diproyeksikan Naik 10 Persen

1489

(Vibiznews – Property) Harga rumah di Singapura diperkirakan naik sebanyak 10 persen tahun ini, menyusul kenaikan penjualan di rumah, demikian pernyataan Lim Ming Yan, presiden dan CEO CapitaLand Ltd, pengembang terbesar di Asia Tenggara, seperti yang dilansir Bloomberg, Selasa (13/02).

“Volume transaksi telah naik dan biasanya itu merupakan pendorong kenaikan harga. Peningkatan 5 sampai 10 persen mungkin terjadi tahun ini tanpa adanya volatilitas utama yang tak terduga di pasar modal.”, tambah Lim.

Lim berbicara setelah pengembang tersebut mengatakan bahwa laba bersih turun 38 persen menjadi S $ 267,7 juta ($ 202 juta) dalam tiga bulan yang berakhir pada 31 Desember setelah menyelesaikan lebih sedikit rumah untuk dijual di Tiongkok.

Namun, saham CapitaLand naik 2 persen menjadi S $ 3,54 pada pukul 11:59 pagi di Singapura, kenaikan terbesar sejak 5 Oktober, setelah perusahaan menaikkan dividen setahun penuh 20 persen.

Kenaikan harga dan kenaikan penjualan menguatkan tanda-tanda pasar perumahan kota-negara tersebut muncul dari kemerosotan empat tahun. Pengembang telah secara agresif menawar lahan di bagian belakang pemulihan. CapitaLand, yang sebagian besar menjauh dari perang penawaran, mengatakan pada hari Selasa bahwa pihaknya telah membeli sebuah proyek pembangunan kembali di dekat pusat bisnis utama seharga $ 728 juta, yang akan berubah menjadi kompleks perumahan 800 unit.

Pandangan Lim sejalan dengan prakiraan lainnya. Harga rumah bisa naik sebanyak 10 persen tahun ini, menurut analis Credit Suisse Group AG, sementara Morgan Stanley dan OCBC Investment Research memperkirakan kenaikan 8 persen, menurut laporan dari perusahaan pialang.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here