Neraca Perdagangan Januari Australia Rebound

663

(Vibiznews – Economy & Business) Neraca perdagangan Australia pulih untuk mencatat surplus yang sehat di bulan Januari didukung oleh kenaikan ekspor, mendukung ekspektasi pertumbuhan PDB yang lebih kuat pada bulan-bulan pembukaan tahun ini.

Australia mencatat surplus perdagangan yang disesuaikan musiman sebesar A $ 1,055 miliar pada bulan Januari, Biro Statistik Australia mengatakan pada hari Kamis (08/03).

Hasilnya secara signifikan mengalahkan perkiraan para ekonom untuk surplus A $ 160 juta, dan merupakan rebound besar dari defisit Desember sebesar A $ 1,146 miliar.

Nilai ekspor naik 4% pada Januari, sementara impor turun 2%, kata ABS. Lonjakan ekspor merupakan salah satu yang terkuat sejak 2016 ketika ekspor bijih besi meningkat dengan cepat dan harga batubara melonjak.

Ekonom mengatakan kombinasi penguatan pertumbuhan global dan kenaikan ekspor gas alam cair berarti prospek neraca perdagangan Australia optimis.

Lemahnya ekspor karena cuaca buruk telah menyeret pertumbuhan PDB dalam tiga bulan terakhir tahun 2017, mengiris 0,4 persen poin dari aktivitas, dan mengurangi momentum ekonomi.

Namun, eksportir Australia mengamati perkembangan di A.S. karena mempertimbangkan perkiraan tarif impor baja yang tinggi.

Beberapa analis telah memperingatkan bahwa langkah yang diusulkan tersebut dapat berdampak langsung pada Australia, eksportir utama bijih besi dan batubara metalurgi, bahan pembuatan baja utama.

Gubernur bank sentral Australia Philip Lowe Rabu memperingatkan tentang risiko pertumbuhan dunia dari sebuah perang dagang.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here