Tiongkok Tidak Mau Perang Dagang Dengan AS

613

(Vibiznews – Economy & Business) Tiongkok menyatakan tidak akan memulai perang dagang dengan Amerika Serikat, namun tetap mempertahankan kepentingan nasionalnya dalam menghadapi proteksionisme Amerika yang terus berkembang.

“Tidak ada pemenang dalam perang dagang, dan ini akan membawa bencana bagi kedua negara kita dan juga seluruh dunia,” kata Menteri Perdagangan Zhong Shan pada sebuah briefing di sela-sela sidang parlemen tahunan Tiongkok, Minggu (11/03), seperti yang dilansir CNBC.

Hal ini merupakan pernyataan terbaru Beijing mengenai masalah dalam perdagangan dan kerjasama ekonomi dengan AS, yang mengacu pada rencana Presiden Donald Trump untuk mengenakan tarif tinggi pada impor baja dan aluminium. Pemimpin A.S. pada hari Kamis mengatakan mengenakan tarif 25 persen pada impor baja dan 10 persen pada impor aluminium, untuk sementara membebaskan produsen baja besar Kanada dan Meksiko.

Menurut analis Tiongkok, A.S. telah melebih-lebihkan defisit perdagangannya dengan Tiongkok sekitar 20 persen setiap tahunnya. Dia tidak memberikan rincian tentang bagaimana angka ini tercapai, namun pemerintah A.S. dan Tiongkok umumnya melaporkan secara luas perbedaan angka perdagangan karena Beijing hanya menghitung pelabuhan pertama yang barangnya bukan tujuan akhir mereka.

A.S. melaporkan defisit $ 375 miliar dengan Tiongkok tahun lalu, sehingga pengurangan 20 persen masih termasuk di antara kesenjangan perdagangan terbesar yang dimiliki A.S. dengan negara manapun.

Zhong menyalahkan ketidakseimbangan perdagangan sebagian pada kontrol atas ekspor berteknologi tinggi AS ke Tiongkok, mengulangi klaim Tiongkok bahwa Washington dapat mempersempit defisit perdagangannya jika mengizinkan Tiongkok untuk membeli lebih banyak teknologi penggunaan ganda seperti superkomputer dan material canggih dengan aplikasi militer.

Pejabat A.S. mengatakan bahwa penjualan semacam itu hanya akan menghasilkan beberapa persen dari defisit sementara mungkin mengancam keamanan nasional Amerika.

Pemerintah Trump sebelumnya menyetujui tarif yang lebih tinggi untuk mesin cuci, modul surya, dan beberapa barang Tiongkok lainnya, yang membuat Beijing menuduh Washington mengganggu peraturan perdagangan global dengan mengambil tindakan berdasarkan undang-undang A.S. dan bukan melalui Organisasi Perdagangan Dunia.

Tiongkok menyerap investasi asing senilai $ 136,3 miliar tahun lalu. Negara ini telah lama berada di antara tujuan investasi global teratas, namun antusiasme asing mendingin. Survei oleh kelompok bisnis menunjukkan bahwa perusahaan mengalihkan perhatian pada ekonomi Asia lainnya yang dipandang lebih menguntungkan atau kurang ketat.

Menteri perdagangan mengulangi janji Perdana Menteri Li Keqiang pada hari Senin untuk meliberalisasi industri manufaktur dan memperluas pembukaan sektor seperti perawatan medis, pendidikan dan kendaraan energi baru.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here