Gemuruh Perang Dagang Goncang Pasar Global, Hangseng Anjlok 2,8 Persen

682

(Vibiznews – Index) – Gemuruh perang perdagangan global mengguncang pasar saham dan mata uang pada hari Jumat setelah Presiden AS Donald Trump mengumumkan tarif baru atas impor barang-barang dari Tiongkok dan Tiongkok membalas dengan janji untuk berjuang sampai akhir setiap perang tersebut.

Trump menandatangani memorandum presiden pada Kamis yang dapat mengenakan tarif impor hingga $ 60 miliar dari Tiongkok, tetapi langkah-langkah tersebut memiliki periode konsultasi 30 hari.

Investor khawatir tindakan AS dapat meningkat menjadi perang dagang, dengan konsekuensi yang mengerikan bagi ekonomi global.

Beijing mendesak Amerika Serikat pada hari Jumat untuk “mundur dari tepi jurang”.

Tiongkok tidak berharap untuk terlibat dalam perang dagang, tetapi tidak takut terlibat, demikian pernyataan dari kementerian perdagangan Tiongkok.

Pemerintah Tiongkok mengumumkan rencananya sendiri pada Jumat untuk memberlakukan tarif hingga $ 3 miliar atas impor AS sebagai balas dendam terhadap tarif AS atas produk baja dan aluminium dari Tiongkok.

MSCI, indeks terluas dari saham Asia Pasifik di luar Jepang, turun 2,2 persen karena saham di seluruh wilayah turun.

Saham Shanghai, SSE turun 3,3 persen.

Hong Kong Hang Sen. HIS turun 2,8 persen, saham Taiwan, TWILIT turun 1,7 persen dan KOPS Korea Selatan, KS 11 mundur 2,3 persen.

Pelemahan bursa saham AS membawa nada suram untuk Asia, Dow DJI pada Kamis turun 2,9 persen, S & P 500 .SPX turun 2,5 persen dan Nasdaq .IXIC turun 2,4 persen.

Greenback turun sekitar 0,5 persen ke level terendah 104,655 yen, terlemah sejak November 2016. Dolar turun lebih dari 1 persen pada minggu ini. Euro naik 0,3% ke level $ 1,2334.

Imbal hasil pada obligasi 10-tahun AS, turun 7,5 basis poin semalam karena harga obligasi naik karena kegugupan mencengkeram pasar keuangan secara lebih luas.

Imbal hasil turun lebih lanjut pada hari Jumat ke 2,792 persen, terendah dalam enam minggu.

Imbal hasil obligasi 10-tahun pemerintah Jepang (JAB) merosot ke palung empat bulan 0,020 persen.

Dalam komoditas, harga minyak memperoleh kembali kerugian semalam setelah Arab Saudi mengatakan bahwa pembatasan produksi yang dipimpin OPEC dan Rusia yang diperkenalkan pada 2017 akan perlu diperpanjang hingga 2019.

Harga minyak mentah di Bursa Berjangka AS CLc1 naik 1,1 persen pada $ 64,99 per barel setelah turun 1,3 persen pada Kamis dan Brent naik 0,9 persen menjadi $ 69,53 per barel LCOc1.

Emas tempat berlindung yang aman EAU = naik menjadi $ 1,339.05 per ons, tertinggi sejak 7 Maret.

Komoditas lain tidak berjalan baik di tengah kekhawatiran perang perdagangan, dengan tembaga di London Metal Exchange CMCU 3 jatuh ke level terendah tiga bulan dari $ 6.628,00 per ton.

Selasti Panjaitan/VBN/Coordinating Partner/Vibiz Consulting Group
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here