Bursa Eropa Bergerak Mixed Merespon Redanya Ketegangan Perang Dagang

706

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa diperdagangkan mixed pada Senin pagi waktu London (09/04) dengan meredanya kekhawatiran perang perdagangan antara China dan AS.

Indeks FTSE bergerak pada 7174.52, turun -9.12 poin atau -0.13%

Indeks DAX bergerak pada 12306.10, naik 64,83 poin atau 0,53%

Indeks CAC bergerak pada 5272.12, naik 13,88 poin atau 0,26%

Indeks Stoxx 600 pan-Eropa 0,5 persen lebih tinggi dengan sebagian besar sektor bergerak ke wilayah positif. Saham perbankan adalah sektor berkinerja terbaik dalam perdagangan pagi hari, naik 0,9 persen. Ini mengikuti berita tentang perubahan manajemen di Deutsche Bank.

Pemberi pinjaman Jerman menunjuk Christian Sewing sebagai chief executive officer yang baru, segera berlaku. Warga negara Jerman ini adalah spesialis bank ritel, yang telah menimbulkan keraguan tentang kemampuannya untuk memulihkan sisi perbankan investasi dari pemberi pinjaman. Namun, pengumuman itu mengakhiri minggu kebocoran dan ketidakpastian tentang masa depan manajemennya, yang mendorong saham bank 4,3 persen lebih tinggi – memimpin kenaikan di seluruh Eropa.

Melihat di seluruh patokan Eropa, perusahaan Portugis EDP melonjak 4,2 persen, mencapai dua indeks teratas. Ini mengikuti laporan bahwa perusahaan utilitas Perancis, Engie, sedang mencari penawaran untuk EDP.

Glencore, di sisi lain, turun 2 persen setelah AS menjatuhkan sanksi baru pada Rusal Rusia. Glencore memiliki 8,75 persen dari perusahaan aluminium Rusia. Oc Oerlikon juga melihat sahamnya jatuh lebih dari 8 persen, setelah salah satu pemegang saham terbesarnya muncul pada daftar individu sanksi AS.

Dalam berita perusahaan lainnya, Adidas dilaporkan menutup beberapa toko di tahun-tahun mendatang karena meningkatkan kehadiran online-nya, Financial Times melaporkan. Saham sedikit lebih tinggi pada hari Senin.

Secara keseluruhan, kekhawatiran perang perdagangan global hilang dari perdagangan pekan lalu. Pemain pasar akan memantau Presiden China Xi Jinping yang akan berbicara di Boao Forum Selasa, setelah Presiden Donald Trump tweeted pada hari Minggu bahwa China dapat menghapus hambatan perdagangannya.

Di depan politik, Italia tampaknya selangkah lebih dekat untuk mendapatkan pemerintahan sayap kanan. Partai-partai Lega, Brothers of Italy dan Forza Italia, yang berjalan bersama dalam pemilihan 4 Maret, telah berjanji untuk menghadirkan front persatuan dalam putaran pembicaraan baru dengan Presiden Italia Sergio Matarella.

Dalam hal data, ekspor Jerman secara tak terduga turun pada bulan Februari. Angka-angka terbaru menunjukkan penurunan bulanan terbesar sejak 2015, berkontribusi pada penyempitan surplus perdagangan kontroversial negara itu.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa selanjutnya akan mencermati pergerakan bursa Wall Street yang dimungkinkan bergerak positif dengan meredanya ketegangan perang dagang AS-Tiongkok.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here