Bursa Eropa Berakhir Naik

703

(Vibiznews _ Index) Bursa Saham Eropa ditutup lebih tinggi pada Senin malam (09/04) dengan meredanya kekhawatiran atas perang perdagangan antara China dan AS.

Indeks FTSE berakhir pada 7194.75, naik 11.11 poin atau 0.15%

Indeks DAX berakhir pada 12261.75, naik 20,48 poin atau 0,17%

Indeks Stoxx 600 Eropa melayang dekat dengan garis datar, menutup hanya 0,06 persen lebih tinggi dengan sektor bergerak ke arah yang berbeda. Itu telah diperdagangkan lebih tinggi pada hari sebelumnya.

Teknologi adalah sektor berkinerja terbaik, menutup 0,67 persen. Itu dibuntuti oleh media, perjalanan dan liburan, dan sektor asuransi, yang semuanya ditutup sekitar 0,4 persen lebih tinggi.

Sumber daya dasar ditutup 0,9 persen turun. Itu telah jatuh lebih dari 1,6 persen pada sore hari. Sektor ini terseret oleh penambang Rusia Polymetal, yang ditutup di bagian bawah patokan Eropa 18,3 persen lebih rendah.

Saham perbankan memangkas kembali kenaikan yang dibuat dalam perdagangan pagi, yang merupakan tanggapan terhadap berita tentang perubahan chief executive di Deutsche Bank. Sektor ini ditutup naik 0,3 persen.

Pemberi pinjaman Jerman menunjuk Christian Sewing sebagai chief executive officer yang baru, segera berlaku. Warga negara Jerman adalah spesialis bank ritel, yang telah menimbulkan keraguan tentang kemampuannya untuk memulihkan sisi perbankan investasi dari pemberi pinjaman. Namun, pengumuman itu mengakhiri minggu kebocoran dan ketidakpastian tentang masa depan manajemennya. Sementara Deutsche Bank diperdagangkan lebih dari 4 persen lebih tinggi di pagi hari, itu ditutup naik lebih sederhana 1,2 persen pada Senin sore.

Melihat di seluruh patokan Eropa, perusahaan Portugis EDP ditutup naik 3,2 persen, menjadikannya sebagai saham berkinerja terbaik kedua pada Senin. Ini mengikuti laporan bahwa perusahaan utilitas Prancis, Engie, mencari penawaran untuk EDP.

Glencore, di sisi lain, jatuh selama perdagangan Senin, menutup 3,4 persen. Tapi, perusahaan tambang Swiss-Swiss telah memangkas kembali kerugian dari jam sebelumnya mengingat bahwa itu turun 5,2 persen pada pertengahan sore. Penurunan itu terjadi setelah AS memberlakukan sanksi baru terhadap Rusia Rusal. Glencore memiliki 8,75 persen dari perusahaan aluminium Rusia. OC Oerlikon juga melihat sahamnya jatuh lebih dari 8 persen setelah salah satu pemegang saham terbesarnya muncul pada daftar individu yang terkena sanksi AS.

Perusahaan Inggris WPP, biro iklan terbesar di dunia, ditutup di dekat puncak patokan Eropa, Senin, naik 2,2 persen. Reuters melaporkan pada tengah hari bahwa perusahaan dapat mempublikasikan penyelidikannya ke Kepala Eksekutif Martin Sorrell secepat minggu depan. Sorrell sedang diselidiki atas tuduhan pelanggaran yang bisa mendorongnya untuk mundur setelah lebih dari 30 tahun di pucuk pimpinan.

Dalam berita perusahaan lainnya, Adidas dilaporkan menutup beberapa toko di tahun-tahun mendatang karena meningkatkan kehadiran online-nya, Financial Times melaporkan. Saham berayun sepanjang perdagangan hari itu, menutup 0,5 persen di merah.

Secara keseluruhan, kekhawatiran perang perdagangan global hilang dari perdagangan pekan lalu. Pemain pasar akan memantau Presiden China Xi Jinping yang akan berbicara di Boao Forum Selasa, setelah Presiden Donald Trump tweeted pada hari Minggu bahwa China dapat menghapus hambatan perdagangannya.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa selanjutnya berpotensi bergerak positif dengan menguatnya bursa Wall Street.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here