Pertumbuhan Ekonomi China Q1-2018 Mencapai 6,8 Persen

935

(Vibiznews – Economy & Business) Perekonomian China tumbuh 6,8 persen pada kuartal pertama 2018, biro statistik negara itu melaporkan pada hari Selasa (17/04).

Angka tersebut melampaui perkiraan konsensus 6,7 persen pertumbuhan tahun ke tahun untuk kuartal ini, menandai kuartal ketiga berturut-turut pertumbuhan sebesar 6,8 persen untuk ekonomi terbesar kedua di dunia ini.

Pengetatan kebijakan moneter dan ekspor “masih cukup mendukung pertumbuhan tetapi tidak cukup mempercepat pada kecepatan yang sama” akan mempengaruhi pertumbuhan pada 2018, analais mengatakan kepada CNBC menjelang rilis data.

Perkiraan PDB setahun penuh Oxford Ekonomi untuk Cina adalah 6,4 persen, yang merupakan tanda centang dari sekitar 6,5 persen yang ditargetkan oleh Beijing.

Perekonomian China tumbuh 6,9 persen pada 2017, mengalahkan target resmi sekitar 6,5 persen sebagian karena pemulihan global yang sinkron.

Pertumbuhan China yang kuat tahun lalu datang meskipun ada kekhawatiran yang meluas tentang risiko keuangan di raksasa Asia Timur di tengah restrukturisasi ekonomi yang dipimpin pemerintah. Ekonomi terbesar kedua di dunia ini telah berjuang melawan utang selama bertahun-tahun karena mencoba menyeimbangkan stabilitas ekonomi terhadap potensi kejatuhan dari perlambatan yang tajam.

Risiko terhadap ekonomi China pada 2018 termasuk proteksionisme perdagangan karena pemerintahan Presiden AS Donald Trump.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here