Bursa Asia Akhir Pekan Terganjal Kemerosotan Sektor Teknologi

1485

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Asia ditutup di zona merah pada hari Jumat (20/04), mengikuti penurunan bursa Wall Street di tengah penurunan di sektor teknologi.

Indeks Nikkei 225 tergelincir 0,13 persen, atau 28,94 poin, berakhir pada 22.162,24 karena perusahaan semikonduktor menurun sementara keuangan dan utilitas sebagian besar naik.

Indeks Kospi Korea Selatan turun tipis 0,39 persen menjadi 2,476.33.

Indeks ASX 200 Australia mengakhiri hari lebih rendah dengan 0,21 persen pada 5.868,80.

Indeks Hang Seng Hong Kong melemah 0,94 persen pada 30418.33.

Indeks komposit Shanghai kehilangan 1,47 persen menjadi ditutup pada 3,071.47 dan indeks komposit Shenzhen turun 2 persen menjadi berakhir pada 1.778,34. Kerugian pada hari Jumat berbasis luas, dengan maskapai penerbangan, mobil dan keuangan terpukul.

Perusahaan semikonduktor di kawasan itu diperdagangkan lebih rendah setelah Taiwan Semiconductor Manufacturing (TSMC), pembuat chip kontrak terbesar di dunia, mengatakan pada Kamis bahwa perkiraan pendapatan kuartal kedua akan datang di antara $ 7,8 miliar dan $ 7,9 miliar, di bawah perkiraan Wall Street sebesar $ 8,8 miliar. .

Morgan Stanley menghubungkan proyeksi lemah TSMC untuk memesan pengurangan dari prosesor Apple iPhone. Pada hari Jumat, saham TSMC jatuh 6,34 persen, menyeret Taiex Taiwan lebih rendah sebesar 1,75 persen.

Di Jepang, Tokyo Electron dan Advantest menurun 2,05 persen dan 2,21 persen, masing-masing. Sementara itu, Samsung Electronics Korea turun 2,2 persen dan pembuat chip SK Hynix jatuh 3,98 persen.

Saham AS ditutup cukup rendah pada hari Kamis, dengan sektor teknologi berada di bawah tekanan menyusul proyeksi TSMC yang lemah. Apple, yang TSMC adalah pemasok, turun 2,8 persen di tengah penurunan saham semikonduktor AS lainnya.

Investor juga fokus pada imbal hasil obligasi AS yang lebih tinggi karena imbal hasil obligasi 10-tahun AS tetap di atas tingkat 2,9 persen. Hasil dua tahun diperdagangkan di dekat level tertingginya dalam hampir satu dekade.

Di antara penggerak individu, saham AMP Australia ditutup turun 0,46 persen. Dikatakan CEO Craig Meller akan mundur segera setelah kesaksian perusahaan pada penyelidikan Australia. AMP meminta maaf atas kesalahan dan kegagalan dalam pengungkapan regulator.

Di tempat lain, China Huarong Asset Management jatuh 10,69 persen pada pukul 2:55 siang. HK / SIN setelah perusahaan mengatakan ketuanya, saat ini sedang diselidiki oleh negara, telah mengundurkan diri dari dewan.

Saham Takeda Pharmaceutical turun 4,67 persen setelah berita pada Kamis bahwa produsen obat AS Shire telah menolak tawaran akuisisi perusahaan Jepang.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan Bursa Asia akan mencermati pergerakan Bursa Wall Street, yang berpotensi naik jika testimoni pejabat Fed memberikan dukungan bagi ekonomi AS.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here