Bursa Eropa Berakhir Mixed Merespon Keputusan Moneter BOE

839

(Vibiznews – Index) Pasar saham Eropa berakhir mixed Kamis malam (10/05), merespon keputusan kebijakan moneter oleh bank sentral Inggris.

Indeks FTSE berakhir pada 7700.97, naik 38.45 poin atau 0.50%

Indeks DAX berakhir pada 13022.87, naik 79.81 poin atau 0.62%

Indeks CAC berakhir pada 5545.95, naik 11.32 poin atau 0.21%

Indeks Pan-Eropa Stoxx 600 berakhir 0,12 persen lebih rendah dari harga penutupan sebelumnya, dengan bursa utama dan sektor yang menunjukkan arah berlawanan.

Saham telekomunikasi Eropa adalah di antara mereka yang memimpin kerugian, turun 0,94 persen di tengah berita laba. BT mencatat angka yang lebih lemah dari yang diantisipasi selama tiga bulan pertama tahun ini dan mengumumkan rencana untuk memangkas 13.000 pekerjaan manajerial dan back-office. Kelompok telekomunikasi terbesar di Inggris juga mengatakan akan meninggalkan markasnya di London dalam upaya terbaru untuk berkumpul kembali setelah skandal akuntansi. Saham perusahaan itu 7,5 persen lebih rendah untuk hari itu.

Sementara itu, saham media naik 0,3 persen setelah perusahaan penyiaran komersial free-to-air Inggris, ITV, memproyeksikan pendapatan iklan bersih akan melonjak sekitar 15 persen pada Juni karena pemirsa menyetel untuk Piala Dunia sepak bola. Saham yang terdaftar di London juga melaporkan laba sebagian besar sejalan dengan harapan pada hari Kamis. Saham ITV naik 5,8 persen.

Di perbankan, RBS rally hampir 4 persen setelah setuju untuk membayar lebih kecil dari yang diantisipasi $ 4,9 miliar untuk menyelesaikan penyelidikan jangka panjang dalam penjualan sekuritas berbasis mortgage.

Di tempat lain, saham Randgold Resources merosot setelah produsen emas melaporkan penurunan laba kuartal-ke-kuartal 24 persen. Perusahaan itu menyebutkan kenaikan biaya dan tingkat produksi yang mengecewakan selama tiga bulan pertama tahun ini. Sahamnya turun 6,8 persen merespon berita.

Imbal hasil obligasi 10 tahun pemerintah Italia naik ke level tertinggi tujuh minggu pada Kamis, sementara saham-sahamnya dijual, menyusul berita bahwa mantan Perdana Menteri Silvio Berlusconi tidak akan menghalangi pemerintahan koalisi baru.

Kelompok Bintang Lima (M5S) dan partai-partai Lega yang anti-kemandirian dikatakan mendekati kesepakatan untuk membentuk koalisi yang berkuasa bagi ekonomi terbesar ketiga zona Eropa itu.

Imbal hasil obligasi Italia 10-tahun melonjak menjadi 1,94 persen pada awal perdagangan dan selisih antara utang Italia dan mitra Jerman membentang ke terlebar dalam enam minggu. Indeks ekuitas FTSE MIB di Milan ditutup sekitar 1 persen lebih rendah.

Politik telah menjadi fokus utama selama minggu ini, dari hasil pemilihan di Asia dan berkurangnya ketegangan geopolitik terhadap berita bahwa Presiden Donald Trump akan menarik AS keluar dari kesepakatan nuklir Iran.

Setelah breaking news tentang Iran pada hari Selasa, harga minyak telah meningkat tetapi keuntungan berkurang pada hari Kamis, dengan Brent melayang di sekitar $ 77,01 per barel dan minyak mentah AS naik sekitar $ 71,04. Setelah pengumuman AS, sekutu di Eropa telah mencoba menyelamatkan kesepakatan Iran, dan mempertahankan hubungan dagang mereka dengan negara Timur Tengah.

Kembali di Eropa, Bank of England (BOE) mempertahankan suku bunga stabil, setelah penurunan kuartal pertama dalam pertumbuhan ekonomi menekan kesempatan untuk biaya pinjaman yang lebih tinggi. Keputusan itu menandai perbedaan tajam dengan harapan luas hanya beberapa minggu yang lalu, sebagaimana Threadneedle Street memilih 7-2 untuk mempertahankan suku bunga pada 0,5 persen.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan mencermati pidato dari Presiden ECB Mario Draghi, yang jika memberikan penguatan ekonomi, akan mendukung pergerakan bursa Eropa.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here