Perang Dagang AS-China Ditunda, Akankah Mempengaruhi Pasar?

689

(Vibiznews – Economy & Business) Perang dagang AS dengan China ditunda setelah kedua negara setuju untuk meninggalkan pengenaan tarif mereka sementara mereka menjelankan perjanjian perdagangan yang lebih luas, Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin mengatakan pada hari Minggu.

Penasihat ekonomi Mnuchin dan Presiden AS Donald Tr17ump, Larry Kudlow, mengatakan kesepakatan yang dicapai oleh perunding China dan Amerika pada Sabtu menetapkan kerangka kerja untuk mengatasi ketidakseimbangan perdagangan di masa depan.

“Kami sedang menunda perang perdagangan. Saat ini, kami telah sepakat untuk menunda penangguhan tarif sementara kami mencoba mengeksekusi kerangka itu,” kata Mnuchin seperti yang dilansir CNBC.

Pada hari Sabtu, Beijing dan Washington mengatakan mereka akan terus berbicara tentang langkah-langkah di mana China akan mengimpor lebih banyak energi dan komoditas pertanian dari Amerika Serikat untuk menutup defisit perdagangan barang dan jasa AS senilai US $ 335 miliar dengan China.

Selama putaran awal pembicaraan bulan ini di Beijing, Washington menuntut China mengurangi surplus perdagangannya sebesar $ 200 miliar. Tidak ada angka jumlah dolar yang dikutip dalam pernyataan bersama negara-negara pada hari Sabtu.

Ketegangan antara kedua belah pihak telah berkembang sejak pemerintah Trump mengusulkan tarif sebesar $ 50 miliar untuk barang-barang Cina dan mengatakan akan memperpanjang pungutan tambahan sebesar $ 150 miliar. Tiongkok menanggapi dengan langkah-langkahnya sendiri yang menargetkan pertanian AS.

Pejabat perdagangan AS, Robert Lighthizer, mengatakan bahwa membuat China membuka pasarnya ke lebih banyak ekspor AS adalah signifikan, tetapi itu jauh lebih penting bagi Amerika Serikat untuk menyelesaikan masalah dengan China seperti transfer teknologi paksa dan pencurian cyber.

“Perubahan struktural yang nyata diperlukan. Tidak kurang dari masa depan puluhan juta pekerjaan Amerika dipertaruhkan,” Perwakilan Perdagangan AS Lighthizer mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Minggu.

Satu langkah berikutnya adalah mengirim Menteri Perdagangan Wilbur Ross ke China untuk melihat area di mana akan ada peningkatan yang signifikan, termasuk energi, gas alam cair, pertanian dan manufaktur, kata Mnuchin dan Kudlow.

Mnuchin mengatakan Amerika Serikat mengharapkan untuk melihat peningkatan besar antara 35 persen hingga 40 persen dalam ekspor pertanian ke China tahun ini saja dan dua kali lipat pembelian energi selama tiga hingga lima tahun ke depan.

Pernyataan hari Sabtu tidak menyebutkan apakah akan ada relaksasi pembatasan terhadap pembuat peralatan telekomunikasi China ZTE yang dikenakan bulan lalu oleh Departemen Perdagangan AS.

Tindakan itu terkait dengan pelanggaran sanksi AS terhadap Iran dan Korea Utara dan melarang perusahaan Amerika menjual semikonduktor dan komponen lainnya kepada ZTE, menyebabkan perusahaan yang berbasis di Shenzhen ini menghentikan sebagian besar operasi.

Trump mengatakan minggu lalu dia telah mengarahkan Ross untuk mengembalikan ZTE dalam bisnis, tetapi Kudlow mengatakan perubahan akan minimal.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here