Pan-Eropa STOXX 600 Naik Didukung Sektor Teknologi

643

(Vibiznews – Index) – Rekor penutupan untuk Nasdaq semalam mengangkat rekan-rekan sektor Eropa ke puncak 17 tahun pada hari Selasa, membantu pasar yang lebih luas di Eropa stabil setelah sell-off pekan lalu dipicu oleh kekhawatiran politik di Italia.

Pan-Eropa STOXX 600 naik 0,1 persen pada 09:01 GMT, membalikkan pelemahan awal dan mencari kenaikan untuk hari ketiga berturut-turut. Pekan lalu, indeks ini sempat turun 1 persen.

Indeks teknologi naik 1,1 persen ke tertinggi sejak Juni 2001 dengan sentimen didukung oleh saham Apple yang naik ke rekor tertinggi.

Pembuat chip ASM Belanda termasuk Credit Suisse mulai meliput saham dengan peringkat “mengungguli”, mengutip harapan pertumbuhan yang sehat karena meningkatnya kompleksitas semikonduktor.

Schupp dari Prime Partners juga mengatakan kinerja perusahaan seperti pembuat perangkat lunak SAP atau pembuat chip Infineon dinilai relatif baik, meskipun ia mengatakan ukuran pasar AS memberikan investor dengan lebih banyak pilihan untuk mendapatkan eksposur teknologi.

SAP naik 0,7 persen dan Infineon naik 2,6 persen.

Sektor IT memiliki bobot hanya 5 persen dalam indeks MSCI Eropa, dibandingkan dengan 26 persen di MSCI USA.

Kekuatan dalam stok energi juga memberikan dukungan ke pasar yang lebih luas karena harga minyak rebound pada ekspektasi bahwa persediaan di Amerika Serikat dapat menurun.

Di sektor ini, perusahaan layanan minyak Italia, Saipem adalah pemenang, naik 3,8 persen menyusul upgrade dari Morgan Stanley.

Perusahaan minyak Total dan Eni naik 0,5 persen.

Di tempat lain, RBS jatuh 3,6 persen setelah pemerintah Inggris menjual 7,7 persen saham bank itu yang bernilai 2,5 miliar pound, menyadari kerugian lebih dari dua miliar pound sebagai bagian dari investasinya pada kreditur yang diselamatkan pada 2008.

Selasti Panjaitan/VBN/Coordinating Partner Vibiz Consulting Group
Editor : Asido Situmorang

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here