Bursa Asia Ditutup Positif Seiring Meredanya Ketegangan Perang Dagang AS-China

694

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Asia ditutup lebih tinggi pada hari Rabu (20/06) dengan meredanya perang perdagangan antara AS dan China.

Indeks Nikkei 225 Jepang naik 1,24 persen, atau 276,95 poin, berakhir pada 22.555,43 dalam sesi berombak. Saham konsumen dan teknologi naik, tetapi bahan dan bank menurun. Saham farmasi memimpin kenaikan pada hari itu, sementara subindex penambangan Topix adalah sektor berkinerja terburuk.

Pasar di Korea Selatan mengabaikan kekhawatiran terkait perdagangan, dengan Kospi naik 1,02 persen menjadi ditutup pada 2.363,91. Di antara indeks kelas berat, SK Hynix naik 4,4 persen dan pembuat baja Posco naik 0,74 persen.

Di Australia, indeks ASX 200 naik 1,16 persen menjadi berakhir pada 6.172,60, dengan sebagian besar subindeksnya di wilayah positif. Sektor keuangan naik 2,27 persen, sedangkanprodusen minyak juga mencatat kenaikan yang kuat.

Indeks Hang Seng naik 0,77 persen pada 29696.17, dengan sektor jasa dan barang konsumsi berkontribusi terhadap keuntungan sebelum pasar tutup.

Pasar Daratan Tiongkok membalikkan penurunan awal untuk menyelesaikan hari lebih tinggi. Indeks Komposit Shanghai ditutup naik 0,31 persen menjadi 2.916,74, meskipun tetap di bawah angka 3.000 yang diraih pada Selasa. Indeks Komposit Shenzhen yang lebih kecil mendapat dorongan di sore hari, mengakhiri hari lebih tinggi dengan 1,16 persen.

Kekhawatiran atas perang dagang terjadi antara dua ekonomi terbesar dunia terus berlama-lama setelah Presiden AS Donald Trump mengatakan pada hari Senin bahwa ia telah meminta Perwakilan Perdagangan AS untuk mengidentifikasi $ 200 miliar barang-barang China yang dapat dikenakan tarif tambahan.

China mengatakan sebagai tanggapan bahwa pihaknya akan mengambil langkah-langkah balasan terhadap AS jika yang terakhir maju dengan mengeluarkan daftar tarif tambahan.

Indeks dolar, yang melacak dolar AS terhadap sekeranjang mata uang, naik ke 95.148.

Dalam penggerak individu, saham Telstra Australia turun 4,81 persen setelah perusahaan telekomunikasi pada hari Rabu mengumumkan rencana untuk mengurangi jumlah karyawan dan kontraktor sebesar 8.000. Perusahaan juga mengatakan akan membuat unit bisnis mandiri, yang disebut Telstra InfraCo, yang akan mencakup infrastruktur jaringan tetap Telstra.

Saham ZTE yang diperdagangkan di Hong Kong naik lebih dari 14 persen pada jam 3:09 sore. HK / SIN, mengupas beberapa penurunan Selasa setelah Senat AS meloloskan RUU pertahanan yang menargetkan pembuat peralatan telekomunikasi China. Perusahaan pada hari Rabu menjelaskan bahwa RUU itu belum hukum karena belum akan didamaikan dengan versi yang disahkan oleh Dewan Perwakilan AS. Saham-saham ZTE yang terdaftar di Shenzhen, bagaimanapun, turun 10 persen pada hari Rabu.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Asia masih berpotensi naik jika ketegangan perang dagang AS-China mereda. Juga akan mencermati pergerakan bursa Wall Street, yang jika positi juga dapat menguatkan bursa Asia.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here