Euro Tundukkan Dolar AS

756

(Vibiznews – Forex) Euro yang melonjak menahan dolar dari mencapai tertinggi 11 bulan pada hari Senin (25/06), dengan masalah perdagangan antara Amerika Serikat dan Uni Eropa terlihat memutuskan arah jangka pendek untuk mata uang.

Euro adalah 0,2 persen lebih tinggi pada $ 1,168 setelah naik sekitar 0,5 persen pada hari Jumat. Mata uang tunggal itu terangkat setelah data aktivitas bisnis Jerman dan Perancis Jumat yang optimis dan jaminan baru oleh para politisi Italia bahwa negara mereka tidak akan meninggalkan zona Eropa.

Indeks dolar terhadap sekeranjang enam mata uang utama berdiri di 94,4 setelah mundur dari 95,529, level tertinggi sejak Juli 2017 turun pada awal Jumat.

Dolar AS telah naik ke level tertinggi 11 bulan karena yield AS yang lebih tinggi telah menggarisbawahi perbedaan dalam kebijakan moneter antara Amerika Serikat dan Eropa.

Namun Dolar mulai melorot menjelang akhir pekan lalu karena hasil AS kehilangan angkat di tengah meningkatnya ketegangan perdagangan antara Washington dan Uni Eropa.

Presiden AS Donald Trump mengancam pada hari Jumat untuk memberlakukan tarif 20 persen pada semua mobil yang diimpor dari Uni Eropa. Uni Eropa mengatakan tidak akan punya pilihan selain membalas serangan tersebut.

Dolar melemah 0,4% pada 109,57 yen setelah menurun ke level terendah enam hari di 109,75 pada awal sesi.

Mata uang terkait komoditas didukung dengan baik karena harga minyak mentah melonjak setelah OPEC pada Jumat sepakat untuk kenaikan produksi yang tak terduga dari bulan depan setelah Arab Saudi membujuk Iran untuk bekerja sama.

Dolar Australia berada di $ 0,7424 setelah rally 0,85 persen pada hari Jumat. Dolar Kanada berada di C $ 1,3301 per dolar setelah naik 0,4 persen pada hari Jumat dan jauh dari terendah satu tahun C $ 1,3384.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here