Euro Merosot; Dolar AS dan Yen Menguat

798

(Vibiznews – Forex) Mata uang Euro jatuh pada hari Rabu karena kekhawatiran tentang konflik perdagangan yang meningkat mendorong dolar AS dan yen, sementara yuan China merosot ke posisi terendah enam bulan.

Kekhawatiran bahwa perang dagang penuh akan pecah antara Beijing dan Washington terus membebani mata uang dan mengirim saham China meluncur lebih rendah, meskipun data menunjukkan keuntungan naik di perusahaan industri Cina.

Euro tergelincir, di bawah tekanan dari konflik perdagangan, ancaman krisis politik di Jerman dan ketidakpastian atas KTT Uni Eropa. Mata uang tunggal turun 0,3 persen menjadi $ 1,1609.

Yen, pengukur yang menonjol dari penghindaran resiko investor, menguat. Dolar sedikit lebih tinggi, indeks terhadap sejumlah mata uang naik 0,3 persen pada 94,95.

Perselisihan mengenai migrasi dalam koalisi pemerintahan Jerman juga akan membatasi perolehan untuk mata uang tunggal.

Menggarisbawahi kehati-hatian investor tentang perdagangan, pasar ekuitas di Asia tergelincir pada hari Rabu dan pasar saham di Eropa dibuka melemah.

Yuan offshore jatuh ke level 6,6195, terlemah sejak Desember, setelah Bank Rakyat China (PBOC) menurunkan titik tengah mata uang ke terlemahnya dalam enam bulan untuk hari keenam berturut-turut.

Yuan jatuh pada ekspektasi bahwa Beijing akan membiarkannya melemah lebih lanjut untuk melunakkan dampak tarif yang dikenakan oleh Amerika Serikat.

Terhadap dolar, yen naik 0,3 persen menjadi 110,27 ¥.

Analis Societe Generale mengatakan dalam sebuah catatan mereka memperkirakan ketegangan perdagangan akan berlanjut, membebani pertumbuhan secara global.

Imbal hasil 10-tahun pemerintah AS merosot ke 2,8492 persen, menjaga permintaan dolar. Imbal hasil telah terbatas pada kisaran 15-point-point pada bulan Juni setelah berfluktuasi oleh hampir 40 basis poin pada bulan Mei, ketika menyentuh tertinggi tujuh tahun 3,128 persen.

Ekspektasi bahwa suku bunga AS akan naik tepat ketika Bank Sentral Eropa mendorong kembali kenaikan suku bunganya yang telah menjadi pendorong utama untuk reli dua bulan dalam dolar.

Dolar Australia yang sensitif terhadap perdagangan sebelumnya turun 0,3 persen menjadi $ 0,7371, merayap kembali ke level terendah 13 bulan terakhir di $ 0,7345. Ini kemudian pulih dan diperdagangkan turun 0,2 persen pada $ 0,7381.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here