Poundsterling Menguat Pasca Rilis Data PDB Q1 Inggris

1401

(Vibiznews – Forex) Poundsterling meningkat pada hari Jumat (29/06) setelah revisi yang lebih baik dari perkiraan untuk pertumbuhan ekonomi kuartal pertama Inggris meningkatkan ekspektasi pengetatan kebijakan moneter di akhir tahun.

Menambah kenaikan, kepala juru runding Uni Eropa Michel Barnier mengatakan bahwa para pemimpin Uni Eropa telah membuat kemajuan dalam pembicaraan Brexit meskipun perbedaan besar tetap ada.

Ekonomi Inggris tumbuh 0,2 persen pada kuartal Januari hingga Maret, terhadap angka awal 0,1 persen.

Data juga menunjukkan sektor jasa Inggris di bulan April, meningkatkan harapan pengangkatan kuartal kedua setelah awal yang lamban hingga 2018 yang telah menghentikan Bank of England menaikkan suku bunga sejauh ini tahun ini.

Ekspektasi pasar untuk kenaikan suku bunga Agustus meningkat menjadi 60 persen dari sebelumnya 50 persen setelah rilis data Jumat.

Dengan momentum dalam ekonomi Inggris yang masih rapuh dan ketidakpastian atas hubungan masa depan Inggris dengan Uni Eropa, sebagian besar pedagang tetap berhati-hati tentang prospek kenaikan suku bunga dan pound.

Perekonomian Inggris berkinerja kurang baik pada kuartal pertama setelah cuaca dingin menekan permintaan ritel dan industri konstruksi.

Setelah minggu dan bulan buruk untuk sterling karena kekhawatiran tentang kurangnya kemajuan dalam pembicaraan Brexit dan kelemahan dalam ekonomi Inggris memukul mata uang, pound rally ke $ 1,3170 pada hari Jumat, naik 0,7 persen pada hari itu.

Sebelum data itu diperdagangkan pada $ 1,3114, dari posisi terendah 7,5 bulan dari $ 1,3050 yang dicapai awal pekan ini.

Terhadap Euro dengan didukung oleh para pemimpin Uni Eropa menyetujui kesepakatan tentang migrasi, pound pulih kerugian sebelumnya dan diperdagangkan datar di 88,425 pence per euro.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here