Inflasi Tahunan Juni Zona Eropa Meningkat Melebihi Target ECB

1228

(Vibiznews – Economy & Business) Tingkat inflasi tahunan zona Eropa naik di atas target Bank Sentral Eropa untuk pertama kalinya sejak awal 2017 selama Juni, dengan sebagian besar disebabkan oleh biaya energi yang lebih tinggi.

Badan statistik Uni Eropa hari Jumat (29/06) mengatakan harga konsumen di 19 negara yang menggunakan euro adalah 2,0% lebih tinggi dari pada Juni 2017, peningkatan dari 1,9% tingkat inflasi tahunan yang tercatat pada bulan Mei dan tertinggi sejak Februari tahun lalu.

Awal bulan ini, ECB mengatakan pihaknya diperkirakan akan mengakhiri program pembelian obligasi yang dikenal sebagai pelonggaran kuantitatif pada bulan Desember, mengutip keyakinannya yang meningkat bahwa inflasi akan menetap pada target mendekati tetapi hanya di bawah 2% dalam jangka menengah.

Namun, peningkatan inflasi baru-baru ini hampir seluruhnya disebabkan oleh kenaikan harga energi, yang 8% lebih tinggi dari tahun sebelumnya pada bulan Juni, naik hanya 2,6% sepanjang tahun di bulan April.

Kenaikan harga lainnya tetap lebih tenang, indikasi bahwa bank sentral memiliki beberapa cara dalam upaya panjangnya untuk meningkatkan inflasi ke tujuannya dan mempertahankannya.

Memang, tingkat inflasi inti — yang tidak termasuk barang-barang yang mudah menguap seperti energi dan makanan — turun menjadi 1% pada bulan Juni dari 1,1% pada bulan Mei dan telah sedikit berubah selama beberapa tahun terakhir.

Penurunan itu mencerminkan berkurangnya laju kenaikan harga untuk layanan, menjadi 1,3% sepanjang tahun dari 1,6% pada bulan Mei. Harga untuk layanan biasanya lebih mencerminkan keseimbangan antara permintaan domestik dan pasokan daripada harga energi, yang lebih merespons faktor global.

Dalam sebuah konferensi pers awal bulan ini mengumumkan rencananya untuk QE, Presiden ECB Mario Draghi mengakui bahwa tekanan inflasi yang mendasari “tetap secara umum diredam,” tetapi mengatakan ia mengharapkan mereka untuk naik menjelang akhir tahun.

Prospek ekonomi zona Eropa tidak pasti, dengan pertanyaan apakah perlambatan di kuartal pertama adalah sementara disebabkan cuaca buruk dan pemogokan, atau faktor yang akan membuktikan lebih tahan lama, seperti kelangkaan pekerja dengan keterampilan yang dibutuhkan atau meningkat ketegangan perdagangan antara AS dan UE.

Ketidakpastian itu, ditambah dengan inflasi dasar yang lemah, membantu menjelaskan pendekatan hati-hati ECB untuk menghapus stimulus yang telah disediakan bagi perekonomian. Pada saat yang sama ketika mengumumkan niatnya untuk mengurangi QE, bank sentral mengatakan tidak akan mempertimbangkan kenaikan suku bunga utamanya – yang berada di bawah nol – hingga akhir musim panas 2019.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here