Bursa Asia Bergerak Turun Terpengaruh Pelemahan Saham Energi; Indeks Nikkei Masih Positif

703

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Asia berada di bawah tekanan pada Selasa, kecuali pasar Jepang di wilayah positif, setelah harga minyak jatuh jatuh semalam.

Indeks Hang Seng Hong Kong turun 0,98 persen di tengah kerugian berbasis luas. Energi memimpin penurunan, dengan CNOOC turun 2,62 persen.

Sementara itu, indeks komposit Shanghai merosot sebesar 1,01 persen.

Indeks Kospi bergerak datar 0,08 persen dengan saham Korea Selatan berada di bawah tekanan kecil. Saham-saham teknologi utama diperdagangkan lebih rendah, dengan Samsung Electronics merayap turun 0,65 persen.

Indeks ASX 200 turun 0,48 persen, dengan subindex energi membebani patokan setelah jatuhnya harga minyak semalam. Produsen minyak diperdagangkan lebih rendah, dengan Woodside Petroleum menurun 2,23 persen dan Santos turun 1,72 persen.

Titik terang di antara pasar utama di kawasan ini adalah Nikkei 225, yang naik tipis 0,44 persen karena pasar Jepang dibuka kembali untuk perdagangan setelah liburan. Sebagian besar sektor diperdagangkan lebih tinggi, dengan utilitas, bank dan pembuat mobil maju lebih dari 1 persen, tetapi kenaikan dibatasi oleh penurunan tajam dalam penambang, dan ruang produk minyak dan batubara.

Harga minyak mulai pulih setelah merosot semalam, dengan harga-harga telah memperpanjang kerugian setelah Menteri Keuangan AS Steve Mnuchin mengatakan AS akan mempertimbangkan keringanan sanksi Iran untuk beberapa importir minyak mentah. Penurunan harga semalam juga datang ketika pelabuhan Libya dibuka kembali, meskipun Reuters melaporkan bahwa output di ladang minyak Sharara masih diperkirakan akan turun.

Bahkan saat pendapatan perusahaan berada di tengah panggung, para investor terus waspada terhadap sengketa perdagangan baru-baru ini antara AS dan beberapa mitra dagangnya, terutama China.

Dana Moneter Internasional pada hari Senin memperingatkan bahwa ada peningkatan risiko “hasil yang lebih buruk” di tengah ketegangan perdagangan internasional baru-baru ini, meskipun tetap perkiraan pertumbuhan global tahun ini sama pada 3,9 persen.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pergerakan bursa Asia berpotensi lemah jika pelemahan saham energi terus berlanjut.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here