Trump Bersiap Mengenakan Tarif $ 505 Miliar Barang China Jika Diperlukan

1239

(Vibiznews – Economy & Business) Presiden AS Donald Trump telah mengindikasikan bahwa ia bersedia untuk mengenakan tarif atas setiap barang impor China ke AS jika perlu.

“Saya siap untuk mengenakan hingga $ 500 miliar,” kata Trump seperti yang dilansir CNBC.

Acuannya adalah jumlah dolar impor China yang diterima AS pada 2017 – $ 505,5 miliar tepatnya, dibandingkan dengan $ 129,9 miliar yang diekspor ke China, menurut data Biro Sensus.

Sejauh ini dalam perang dagang yang sedang berkembang, AS telah mengenakan tarif hanya sebesar $ 34 miliar produk China, yang mana China juga melakukan pembalasan.

“Saya tidak melakukan ini untuk politik, saya melakukan ini untuk melakukan hal yang benar untuk negara kita,” kata Trump. “Kami telah ditipu oleh China untuk waktu yang lama.”

Trump mengatakan AS sedang dimanfaatkan di sejumlah bidang, termasuk perdagangan dan kebijakan moneter. Namun dia mengatakan dia belum mendorong tarif keluar dari niat buruk terhadap China.

“Saya tidak ingin mereka takut. Saya ingin mereka melakukannya dengan baik,” katanya. “Saya sangat menyukai Presiden Xi, tapi itu sangat tidak adil.”

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here