Bursa Asia Berakhir Mixed; Indeks Shanghai dan Hang Seng Merosot

789
hang seng

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Asia ditutup mixed pada Rabu sore (01/07) dengan investor mencerna berita utama terkait perang perdagangan AS dan China yang sudah berlangsung selama sebulan ini.

Indeks Nikkei 225 naik 0,86 persen, atau 192,98 poin, menjadi ditutup pada 22.746,70, didukung oleh pelemahan lanjutan yen. Pembuat baja memimpin kenaikan untuk hari ini, dengan JFE Holdings naik 10,37 persen. Eksportir, termasuk produsen mobil, membukukan keuntungan perusahaan, seperti halnya saham bank.

Di Korea Selatan, indeks Kospi naik 0,51 persen menjadi 2.307,07. Sektor Teknologi mixed, dengan beberapa pemasok Apple menyerahkan keuntungan awal yang dibuat setelah pembuat iPhone mengalahkan ekspektasi penghasilan. LG Innotek menurun 0,31 persen setelah naik lebih dari 2 persen.

Saham China bergerak ke wilayah negatif karena sentimen terpukul dari berita utama perdagangan sementara investor mencerna rilis survei pribadi aktivitas manufaktur China, yang sesuai perkiraan. Indeks Shanghai turun 1,81 persen menjadi ditutup pada 2.824,21, dengan saham yang dijual di sore hari, dan indeks CSI 300 blue-chip mengakhiri hari turun 2,01 persen.

Sementara itu, Indeks Hang Seng Hong Kong memangkas keuntungan awal hingga tergelincir 0,85 persen pada 28340.74, dengan kerugian curam terlihat di sektor real estate sebelum pasar tutup.

Di tempat lain, indeks ASX 200 Australia berada di atas dan di bawah garis datar sebelum akhirnya ditutup lebih rendah dengan 0,07 persen pada 6,275.70.

Perwakilan Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin dan Perwakilan Perdana Menteri China Liu He sedang dalam pembicaraan pribadi untuk melanjutkan negosiasi tentang masalah perdagangan dalam upaya untuk menghindari perang dagang, menurut laporan Bloomberg, mengutip dua sumber. Mnuchin mengatakan kepada CNBC pekan lalu bahwa “percakapan tenang” dengan Beijing terus berlangsung.

Sentimen pasar agak terpengaruh oleh berita yang terpisah, kurang optimis di bagian depan perdagangan, dengan Reuters mengutip sumber bahwa pemerintah Trump bermaksud mengusulkan tarif 25 persen lebih besar pada barang-barang China senilai $ 200 miliar. Itu akan lebih besar dari tarif 10 persen yang disebutkan pemerintah awal bulan ini.

Perkembangan terakhir dalam perselisihan perdagangan antara dua ekonomi terbesar dunia terjadi setelah tarif AS pada barang-barang Tiongkok senilai $ 34 miliar mulai berlaku pada awal Juli, sebuah langkah yang dengan cepat ditanggapi dengan pembalasan dari Beijing.

Sesi campuran juga datang setelah Wall Street menguat pada hari Selasa, yang juga merupakan hari perdagangan terakhir pada bulan tersebut. Untuk bulan Juli, saham AS mencatat kenaikan bulanan terbesar sejak Januari di tengah laba perusahaan yang kuat dan data ekonomi.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya Bursa Asia akan mencermati pergerakan bursa Wall Street yang berpotensi naik jika data ADP Employment Change AS Juli terealisir meningkat.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here