China Rencanakan Pertemuan Perdagangan Dengan AS

1382

(Vibiznews – Economy & Business) China menyatakan pada hari Kamis (16/08) berencana mengadakan putaran pembicaraan perdagangan baru dengan Amerika Serikat di Washington akhir bulan ini, menawarkan secercah harapan untuk kemajuan dalam menyelesaikan konflik yang telah terjadi.

Delegasi China yang dipimpin oleh Wakil Menteri Perdagangan Wang Shouwen akan bertemu dengan perwakilan AS yang dipimpin oleh Wakil Menteri Keuangan untuk Urusan Internasional David Malpass, Kementerian Perdagangan mengatakan dalam sebuah pernyataan di situs webnya.

Pengumuman pertemuan yang akan datang datang setelah jeda dalam pembicaraan antara kedua belah pihak, tetapi tidak jelas apakah itu akan terjadi sebelum atau setelah 23 Agustus, ketika Washington akan mengaktifkan tarif tambahan pada $ 16 miliar barang-barang Cina. Beijing telah mengatakan akan membalas dengan cara yang sama.

Pembicaraan resmi terakhir adalah pada awal Juni ketika Menteri Perdagangan AS Wilbur Ross bertemu dengan Wakil Perdana Menteri China Liu He di Beijing.

Tidak ada tanggapan segera dari Departemen Keuangan AS atas pengumuman dari Beijing.

Setelah membuat sedikit kemajuan dalam pertemuan sebelumnya, Gedung Putih mengatakan pada 3 Agustus bahwa Amerika Serikat terbuka untuk pembicaraan lebih lanjut dengan China tentang bagaimana menyelesaikan perselisihan perdagangan bernanah.

China telah berulang kali menunjukkan bahwa perusahaan dan konsumen AS akan terpukul keras oleh perang dagang, sebuah tema yang dikeluarkan oleh People’s Daily resmi Partai Komunis yang berkuasa pada Kamis.

Berita tentang pembicaraan yang akan datang itu membantu saham-saham China mengurangi kerugian, dengan Indeks Shanghai dan indeks Hang Seng Hong Kong turun 0,4 persen, setelah jatuh masing-masing sebanyak 1,9 persen dan 1,7 persen, pada awal perdagangan Kamis.

Yuan China naik sebentar terhadap dolar AS, menguat ke tinggi 6,9165 sebelum turun.

Meredakan ketegangan perdagangan membantu mengangkat tembaga Cina berjangka dari posisi terendah 14-bulan, sementara harga barang pertanian China jatuh di tengah harapan bahwa pasokan kedelai AS, yang digunakan untuk membuat minyak goreng dan pakan hewan, dapat dilanjutkan jika perselisihan diselesaikan.

Amerika Serikat dan China menerapkan tarif pada $ 34 miliar dari ekspor satu sama lain pada tanggal 6 Juli dan menghalangi beberapa terobosan lain pertukaran kemungkinan ketika Washington memberlakukan tarif tambahan pada $ 16 miliar barang-barang Cina minggu depan.

Secara terpisah, China mengatakan pihaknya siap untuk mengenakan tarif tambahan atas 5.207 barang yang diimpor dari Amerika Serikat dengan nilai total $ 60 miliar, mulai dari gas alam cair ke beberapa pesawat.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here