Bursa Eropa Bergerak Naik Mengabaikan Ketegangan Perdagangan AS-China

1064

(Vibiznews – Index) Bursa saham Eropa diperdagangkan lebih tinggi pada Rabu malam (12/09), meskipun ada ketegangan lebih lanjut perdagangan AS dan China.

Indeks Stoxx Eropa 0,2 persen lebih tinggi dengan sebagian besar sektor di daerah positif, bereaksi terhadap beberapa berita laba positif. Saham-saham minyak dan gas adalah pelaku utama di tengah kenaikan harga dan sanksi terhadap Iran.

Indeks FTSE Inggris bergerak naik 0,21 persen, sementara indeks DAX Jerman meningkat 0,19 persen dan indeks CAC Perancis naik 0,64 persen.

Melihat saham individu, Hexpol adalah salah satu penghasil utama, menyusul berita bahwa ia membeli Kirkhill Rubber, sebuah perusahaan AS. Saham Galapagos naik 15 persen setelah hasil uji coba positif pada obat untuk mengobati rheumatoid arthritis. Di ujung lain dari indeks berdiri SSE. Saham jatuh hampir 8 persen setelah perusahaan memperingatkan bahwa keuntungan pada semester pertama akan turun dibandingkan tahun lalu.

Sebelumnya, saham di Asia mencapai terendah 14 bulan setelah berita bahwa China meminta izin dari Organisasi Perdagangan Dunia untuk memberi sanksi kepada Amerika Serikat. Ini terjadi setelah Presiden Donald Trump mengumumkan Jumat bahwa mungkin ada lebih banyak tarif perdagangan terhadap Beijing sebesar $ 267 miliar. Sementara itu, Presiden Tiongkok Xi Jinping telah berjanji untuk melawan proteksionisme bersama dengan Rusia.

Kembali di Eropa, investor juga melacak berita Brexit. Beberapa anggota Partai Konservatif yang berkuasa telah bertemu untuk membahas bagaimana dan kapan mereka dapat memaksa Perdana Menteri Theresa Mei untuk mengundurkan diri, BBC melaporkan.

Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker mengatakan dalam pidato terakhirnya di State of the Union Rabu bahwa Uni Eropa siap bekerja “siang dan malam” untuk menemukan kesepakatan dengan Inggris atas Brexit.

Di tempat lain, Deutsche Bank dan Commerzbank dilaporkan semakin terbuka untuk bergabung. Menurut majalah Jerman De Spiegel, Commerzbank siap untuk bergabung sekarang, sedangkan Deutsche tidak mungkin mencari merger dalam 18 bulan ke depan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa berpotensi naik jika laba emiten positif terus berlanjut. Namun jika ketegangan perdagangan AS-China terus meningkat, akan menekan kembali bursa Eropa.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here