Pasar Asia Bergerak Naik, Dampak Perang Dagang Dinilai Tidak Separah Yang Diperkirakan

549

(Vibiznews – Index) – Saham Asia naik di seluruh papan pada hari Rabu karena ekspektasi bahwa Beijing akan menerapkan stimulus untuk melunakkan pukulan ekonomi dampak perang dagang dengan AS yang membantu menguatnya saham-saham China.

Diperkirakan saham Eropa juga akan mengikuti jejak Asia dan dibuka lebih tinggi, dengan FTSE Inggris naik 0,15 persen, DAX Jerman menambahkan 0,2 persen dan CAC Prancis naik 0,2 persen.

Indeks MSCI Asia Pasifik di luar Jepang naik 0,95 persen. Ekuitas global telah berada pada pijakan yang stabil minggu ini karena investor telah melihat bahwa eskalasi terbaru dalam perseteruan perdagangan AS-China, dilihat oleh beberapa pelaku pasar sebagai kurang parah dari yang diharapkan.

Hang Seng Hong Kong naik 1,3 persen dan Shanghai Composite Index naik lebih dari 1 persen menyusul lonjakan 1,8 persen hari sebelumnya.

Para ekonom di Bank of America Merrill Lynch menulis bahwa China kemungkinan akan meningkatkan pelonggaran kebijakan sebagai penyangga terhadap dampak negatif dari tarif yang lebih tinggi.

Saham Australia bertambah 0,5 persen, KOSPI Korea Selatan sedikit berubah dan Nikkei Jepang naik 1,3 persen.

Administrasi Trump mengatakan pada hari Senin akan menerapkan tarif baru 10 persen pada $ 200 miliar produk China pada 24 September, dan akan ditingkatkan sampai dengan 25 persen pada akhir 2018.

China membalas, dengan mengatakan akan memberlakukan tarif pada barang AS senilai $ 60 miliar, seperti yang direncanakan sebelumnya.

Yuan China naik 0,15 persen menjadi 6.8504 per dolar didukung oleh komentar dari Perdana Menteri Li Keqiang bahwa Beijing tidak akan melemahkan mata uangnya untuk meningkatkan ekspor.

Dolar Australia, dilihat sebagai pengukur sentimen risiko, memperpanjang reli semalam dan naik ke puncak tiga minggu ke dekat $ 0,7255.

Patokan imbal hasil Treasury 10-tahun berada di 3,049 persen setelah menyentuh 3,059 persen semalam, tertinggi sejak 23 Mei.

Kenaikan imbal hasil pada gilirannya menopang dolar, yang naik ke level tertinggi dua bulan di 112,43 yen.

Yen menunjukkan sedikit reaksi terhadap keputusan Bank of Japan yang diantisipasi pada hari Rabu untuk menjaga kebijakan moneter tetap stabil.

BOJ juga mempertahankan target imbal hasil obligasi pemerintah Jepang 10 tahun sekitar nol persen.

Euro naik tipis 0,05 persen menjadi $ 1,1674.

Pound terguncang kerugian semalam dan naik ke $ 1,3175, tertinggi sejak 26 Juli. Tumbuhnya kepercayaan bahwa Inggris dan Uni Eropa dapat mengamankan kesepakatan telah mendorong investor untuk membeli sterling.

Harga minyak mentah Brent di pasar berjangka bergerak hampir datar pada $ 79,04 per barel menyusul reli 1,25 persen pada Selasa.

Selasti Panjaitan/VBN/Coordinating Partner of Wealth Planning Services
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here