Bursa Eropa Cetak Untung Hiraukan Konflik AS-China

715

(Vibiznews – Index)- Perdagangan saham di pagi hari waktu setempat hari Kamis (20/09), bursa saham kawasan Eropa diperdagangkan sebagian besar lebih tinggi menelusuri kenaikan di bursa saham Wall Street karena investor tampak kurang peduli tentang perang perdagangan antara AS dan China.

Indeks Stoxx 600 pan-Eropa naik 0,1 persen, dengan bursa-bursa utama sebagian besar positif. Sektor-sektor saham menunjuk ke arah yang berbeda, dengan saham perbankan menjadi yang terbaik, naik 0,8 persen. Namun saham perawatan kesehatan turun 0,15 persen.

Melihat saham individu, sahan IG Group merosot ke bagian bawah Stoxx 600 setelah perusahaan perdagangan membukukan laba. Kelompok itu mengatakan pendapatan kuartal pertama telah jatuh sebesar 4,7 persen, terpukul oleh penurunan volatilitas pasar dan aktivitas klien. akibatnya saham mereka anjlok  lebih dari 6 persen.

Terpantau indeks bursa saham Inggris, indeks FTSE   menguat  1 poin atau 0.01% ke posisi 7331. Demikian juga dengan indeks bursa saham Perancis CAC  naik 22 poin atau 0,41% pada posisi 5416. Sedangkan indeks bursa saham Jerman yaitu DAX naik 25 poin  atau 0,21% pada posisi  12244.

Untuk pergerakan indeks selanjutnya perhatian pasar akan difokuskan pada pertemuan informal para pemimpin Uni Eropa di Austria pada hari ini dimana Brexit dan imigrasi   menjadi topik utama diskusi. Perdana Menteri Inggris Theresa May, di bawah tekanan di dalam dan luar negeri untuk mencapai kesepakatan Brexit yang bisa diterapkan, telah menyerukan “niat baik” dan fleksibilitas dari rekan-rekan Uni Eropa-nya. Selain itu masa depan perbatasan Irlandia / Irlandia Utara tetap menjadi batu sandungan dalam pembicaraan mereka.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here