Pertumbuhan Bisnis September Zona Eropa Terendah 4 Bulan

633

(Vibiznews – Economy & Business) Ekspansi dalam aktivitas bisnis zona Eropa menurun pada bulan September ke level terendah empat bulan, terpicu perlambatan pertumbuhan pabrik yang mencapai terlemah dalam dua tahun yang hanya diimbangi sebagian oleh kenaikan di antara penyedia layanan, survei menunjukkan pada hari Rabu (03/10).

IHS Markit’s Euro Zone Composite Final Purchasing Managers’ Index (PMI), yang dilihat sebagai panduan yang baik untuk kesehatan ekonomi, merosot menjadi empat bulan terendah pada bulan September 54,1 dari 54,5 bulan Agustus.

Itu di bawah perkiraan flash sebelumnya 54,2, tetapi bertahan jauh di atas angka 50 yang memisahkan pertumbuhan dari kontraksi.

Optimisme tentang masa depan sedikit cerah pada akhir kuartal ketiga dari hampir dua tahun terendah. Produksi masa depan gabungan PMI naik menjadi 62,1 dari 61,6.

Namun aktivitas manufaktur telah menyusut di blok mata uang euro tahun ini, sejalan dengan bukti moderasi di tempat lain di seluruh dunia.

Itu menunjukkan pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan dalam blok mata uang melewati puncaknya dan laju aktivitas bisnis kemungkinan akan berkurang lebih lanjut dalam beberapa bulan mendatang.

“Meskipun berjalan mendekati level terendah dalam dua tahun, PMI September yang mengecewakan tetap pada tingkat yang relatif tinggi dan menandakan pertumbuhan yang solid,” kata Chris Williamson, kepala ekonom bisnis di IHS Markit.

“Namun, kuartal keempat tidak mungkin untuk melihat pertumbuhan yang kuat seperti itu, karena bulan-bulan terakhir telah melihat kehilangan momentum yang jelas dalam hal produksi dan perolehan pesanan baru.”

Survei menunjukkan pertumbuhan ekonomi zona Eropa triwulanan 0,5 persen. Itu sedikit lebih tinggi dari konsensus 0,4 persen dalam jajak pendapat ekonom Reuters baru-baru ini, yang dengan suara bulat mengatakan bahwa perang perdagangan AS-China mengancam pandangan yang sudah moderat.

Produsen semakin khawatir tentang hambatan perdagangan global, yang jelas dari pembacaan indikator survei PMI pabrik yang melihat ke depan. Pertumbuhan pesanan ekspor baru bergeser ke yang terendah dalam lebih dari lima tahun.

Survei terbaru menunjukkan perbedaan yang jelas antara kinerja dengan layanan dan manufaktur perusahaan zona Eropa.

Aktivitas layanan meningkat ke level tertinggi dalam tiga bulan, yang diukur dengan layanan akhir PMI di 54,7, yang sesuai dengan pembacaan flash tetapi lebih tinggi dari 54,4 pada bulan Agustus.

Perusahaan jasa dipekerjakan pada kecepatan yang sedikit lebih cepat daripada pada bulan Agustus. Sub-indeks pekerjaan naik menjadi 55,5, tidak terlihat sejak Oktober 2007, selama masa boom sebelum krisis keuangan terakhir. Itu 55,3 pada bulan Agustus.

 

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here