Bursa Eropa 4 Oktober Tidak Mampu Cetak Untung

679

(Vibiznews – Index)-  Semua perdagangan saham di Eropa masuk zona merah sejak sesi Eropa hari Kamis (04/10) dibuka, dikarenakan investor mencerna komentar dari kepala Federal Reserve AS semalam dan memantau peristiwa di Italia. Perdagangan sebelumnya semua indeks ditutup masuk zona hijau.

Terpantau indeks Stoxx Europe 600 turun 0,2 persen dengan hampir semua sektor bergerak di zona merah. Untuk sektor yang menjadi top loosers seperti saham-saham barang-barang rumah tangga, makanan dan minuman yang turun lebih dari 1 persen. Pasar berusaha beradaptasi dengan komentar hawkish lebih lanjut dari ketua bank sentral AS-Jerome Powell yang mengatakan bahwa mereka masih jauh untuk menetralkan  suku bunga.

Namun ada juga indeks saham yang mencetak penguatan seperti saham Electrocomponents yang naik lebih dari 3 persen, setelah melaporkan bahwa laba semester pertama melonjak 27 persen dari tahun lalu.

Melihat pergerakan indeks bursa utama Eropa, indeks CAC 40 Perancis turun 0,51 persen dan indeks bursa Inggris  FTSE 100  turun 0,45 persen serta indeks bursa Jerman DAX anjlok 0,25 persen setelah sebelumnya pasar ditutup untuk liburan.

Sementara itu, investor masih terus mengawasi politik Italia dimana Perdana Menteri Giuseppe Conte mengatakan pada hari Rabu bahwa defisit pemerintah akan menurun dalam tiga tahun ke depan, meskipun gelombang yang direncanakan untuk 2019. Pelaku pasar khawatir tentang pengeluaran ekstra dalam ekonomi euro terbesar ketiga tersebut, mengingat 130 persen  tumpukan utang PDB.

Sebagai informasi, perdagangan saham Eropa ditutup lebih tinggi pada hari Rabu setelah pasar mencerna laporan pemerintah Italia berencana untuk menurunkan defisitnya. Dimana indeks Eropa Stoxx 600 Eropa menguat 0,50 persen. Indeks CAC 40 Perancis naik 0,4 persen dan FTSE 100 AS memperoleh setengah persen sementara pasar Jerman ditutup untuk liburan.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here