Sentimen Ekonomi Jerman Bulan Oktober Semakin Negatif

686

(Vibiznews – Economy & Business) Pandangan para profesional keuangan tentang ekonomi Jerman telah merosot lebih dari yang diperkirakan di tengah ketidakstabilan politik domesitik dan ketegangan atas sengketa perdagangan dengan AS dan kekhawatiran terhadap Brexit yang meningkat.

Indikator Sentimen Ekonomi untuk Jerman turun 14 poin pada Oktober dari September ke minus 24,7, menurut Pusat Penelitian Ekonomi Eropa (ZEW). Ekonom memperkirakan indeks akan turun ke minus 12.

Indeks telah mencapai titik terendah yang sama terdaftar pada bulan Juli tahun ini, yang merupakan pembacaan terendah sejak Agustus 2012.

Presiden ZEW Achim Wambach mengatakan: Ekspektasi untuk ekonomi Jerman meredam di atas semua karena perselisihan perdagangan yang intensif antara AS dan China. Ekspektasi negatif yang dihasilkan pada ekspor Jerman sekarang mulai terlihat dalam perkembangan ekspor yang sebenarnya.

Pengaruh negatif lebih lanjut pada ekspektasi ekonomi dan ekspor adalah bahaya dari ‘Brexit keras’, yang menjadi semakin mungkin.

Demikian juga, situasi koalisi yang memerintah di Berlin dianggap telah menjadi lebih tidak stabil, yang juga membebani sentimen ekonomi.

Indeks kondisi saat ini datang di 70,1, empat poin lebih rendah dari yang diperkirakan, dan turun dari 76 pada bulan September. Jajak pendapat ekonom yang dilakukan oleh Reuters telah memperkirakan akan turun 1,5 poin menjadi 74,5.

ZEW think-tank menyusun laporannya menggunakan survei terhadap sekitar 350 analis keuangan dari bank, perusahaan asuransi, dan kelompok industri besar.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here