The Fed AS Lanjutkan Kenaikan Suku Bunga Untuk Pertahankan Kestabilan Ekonomi

762

(Vibiznews – Economy & Business) Pejabat The Fed AS tetap yakin bahwa terus meningkatkan suku bunga secara bertahap adalah formula terbaik untuk mempertahankan ekonomi yang stabil, demikian menurut risalah yang dirilis pada Rabu dari pertemuan kebijakan bank sentral terbaru.

Ringkasan sesi Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) 25-26 September mencerminkan kepercayaan pada tingkat pertumbuhan ekonomi dan beberapa keraguan tentang dampak tarif yang mungkin terjadi di masa depan.

Akhirnya, komite dengan suara bulat memutuskan untuk menyetujui kenaikan seperempat poin ke target suku bunga acuan, dengan anggota yang menunjukkan bahwa lebih banyak kenaikan sedang dalam perjalanan. Peningkatan itu mengambil target suku bunga Fed ke kisaran 2 persen menjadi 2,25 persen.

“Berkaitan dengan prospek kebijakan moneter di luar pertemuan ini, para peserta umumnya mengantisipasi bahwa peningkatan bertahap secara bertahap dalam kisaran target untuk tingkat dana federal kemungkinan besar akan konsisten dengan ekspansi ekonomi yang berkelanjutan, kondisi pasar tenaga kerja yang kuat, dan inflasi mendekati 2 persen dalam jangka menengah, “demikian isi risalah tersebut.

Para pembuat kebijakan membahas bagaimana jalur masa depan, dengan anggota mengatakan bahwa mungkin ada periode di mana Fed bahkan perlu melampaui normalisasi suku bunga dan ke dalam sikap yang lebih ketat. Itu akan mengendalikan inflasi dari melampaui target Fed dan untuk mengatasi risiko yang ditimbulkan oleh ketidakseimbangan keuangan yang signifikan.

Penentuan The Fed untuk terus menaikkan suku bunga muncul saat kritik yang semakin memanas dari Trump.

Trump secara terbuka mengkritik Ketua Fed Jerome Powell, dan menegaskan bahwa tingkat yang lebih tinggi adalah satu-satunya ancaman terbesar bagi pemulihan ekonomi.

Kontak bisnis anggota Fed mengindikasikan kepercayaan umum tentang prospek pertumbuhan, sementara mengutip beberapa hambatan potensial setelah kebijakan fiskal mulai luntur.

“Terlepas dari optimisme ini, sejumlah kontak menyebutkan faktor-faktor yang menyebabkan mereka kehilangan produksi atau peluang investasi dalam beberapa kasus, termasuk kekurangan tenaga kerja dan ketidakpastian mengenai kebijakan perdagangan,” kata risalah tersebut.

“Secara khusus, tarif pada aluminium dan baja dikutip sebagai mengurangi investasi baru di sektor energi. Kontak juga menunjukkan bahwa perusahaan berusaha untuk mendiversifikasi aturan negara-negara yang mereka perdagangkan – baik impor dan ekspor – sebagai akibat dari ketidakpastian tarif kebijakan, “demikian tambahan risalah.

Petani juga melaporkan bahwa tarif menurunkan harga tanaman, meskipun mereka mengantisipasi bahwa program kompensasi federal yang baru-baru ini disahkan akan mengurangi beberapa tekanan itu. Selain itu, beberapa kontak industri melaporkan memiliki kekuatan harga yang lebih kuat untuk membantu meredakan kenaikan biaya input yang dikenakan tarif.

Sinyal-sinyal yang bertentangan muncul ketika Fed berusaha menormalkan kebijakan melalui kenaikan suku bunga yang stabil tetapi bertahap.

Perkembangan lain dari pertemuan terakhir melihat komite menghapus kata “akomodatif” dari uraiannya tentang jalur kebijakan masa depan. Dalam sebuah konferensi pers pasca-pertemuan, Powell mengatakan kepada wartawan untuk tidak terlalu banyak membaca langkah itu, tetapi risalah memberikan rincian lebih lanjut tentang mengapa FOMC memutuskan untuk mengubah bahasa.

Banyak pengamat Fed mengambil langkah untuk mengartikan bahwa komite semakin mendekati akhir dari kenaikan suku bunga, tetapi penafsiran itu segera terbukti meleset dari sasaran.

Memang, notulen mencatat bahwa langkah kebijakan masa depan akan “bergantung pada evaluasi informasi yang masuk dan implikasinya terhadap prospek ekonomi.

Beberapa anggota bahkan menyarankan Fed harus mengadakan tinjauan berkala untuk bagaimana merumuskan kebijakan.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here