Dolar AS Naik Pasca Rilis Risalah Pertemuan The Fed AS

874

(Vibiznews – Forex) Dolar AS naik pada hari Rabu setelah Federal Reserve AS merilis risalah dari pertemuan September. Kenaikan juga didukung pelemahan pasar saham yang mendorong mata uang safe haven.

Pasar Saham melemah sehari setelah reli terkuat Wall Street dalam tujuh bulan karena investor kecewa dengan hasil IBM. Pasar sekali lagi berada dalam mode gugup, yang mendukung mata uang safe haven seperti dolar AS.

Indeks dolar naik 0,5 persen menjadi 95,47, tetapi bertahan dalam kisaran yang relatif ketat yang telah diperdagangkan selama seminggu terakhir.

Investor fokus pada risalah pertemuan Fed untuk petunjuk lebih lanjut tentang berapa banyak kemungkinan kenaikan suku bunga lebih lanjut. Risalah menunjukkan bank sentral tetap yakin perlu memperketat kebijakan moneter untuk menjaga ekonomi tetap stabil.

Peluang kenaikan suku bunga AS sebesar 77 persen kemungkinan pada bulan Desember untuk keempat kalinya tahun ini, menurut FedWatch Tool CME Group. Dua peningkatan lagi kemungkinan tahun depan.

Pergerakan basis mata uang silang dalam euro, yen, dan sterling – pengukur pasar uang dari likuiditas dolar offshore – telah melebar dalam beberapa pekan terakhir, menunjukkan bahwa kenaikan suku bunga Fed telah memangkas ketersediaan dolar luar negeri.

Poundsterling Inggris adalah pecundang terbesar terhadap dolar, setelah data harga konsumen untuk September datang pada tingkat tahunan 2,4 persen dibandingkan perkiraan 2,6 persen.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan Dolar AS berpotensi naik setelah rilis risalah pertemuan The Fed mengindikasikan kenaikan lanjutan dalam suku bunga AS.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here