Bursa Eropa Tertekan Pelemahan Saham Otomotif, Bank dan Teknologi

835

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa melemah tajam pada Selasa (20/11). Indeks Stoxx 600 Eropa memperpanjang kerugiannya, turun 0,8 persen. Semua indeks saham utama dan sebagian besar sektor berada di wilayah negatif, dengan bank dan saham teknologi membukukan kerugian tajam.

Indeks FTSE Inggris turun 0,04 persen. Indeks DAX Jerman merosot 0,60 persen. Indeks CAC Perancis melemah 0,55 persen.

Pasar saham di Eropa tampaknya mengikuti sesi suram Asia, yang berada di bawah tekanan menyusul berita bahwa Ketua Nissan Carlos Ghosn telah ditangkap, atas tuduhan tentang kesalahan keuangan.

Renault Prancis tergelincir 2,5 persen pada hari Selasa, memperpanjang kerugiannya dari sesi sebelumnya. Pada hari Senin, Nissan merilis sebuah pernyataan, mengatakan bahwa “selama bertahun-tahun” Ghosn dan direktur dewan, Greg Kelly, telah kurang melaporkan jumlah kompensasi ke laporan efek Bursa Efek Tokyo. Hampir semua produsen Eropa negatif pada hari Selasa, karena berita tidak menunjukkan tanda-tanda kelonggaran.

Sektor berkinerja lemah lainnya di awal perdagangan adalah bank, yang turun lebih dari 1,5 persen, karena kekhawatiran terhadap berita politik dan ekonomi yang membebani.

Di bagian bawah STOXX 600 adalah pemberi pinjaman Inggris Cybg, meskipun itu menerbitkan kenaikan 13 persen dalam laba sebelum pajak yang mendasari tahun ke tahun, dan memberikan kenaikan laba dan pembentukan modal. Saham tenggelam sebanyak 11 persen. Di tempat lain, sektor perbankan Italia mencapai titik terendah dalam hampir dua tahun, menurut Reuters.

Dalam berita saham individu, BTG melonjak ke puncak STOXX 600, naik 34 persen. Ini muncul setelah Boston Scientific mengumumkan bahwa mereka telah menyetujui kesepakatan tunai untuk mengakuisisi BTG, yang melihat produsen AS menawarkan 840 pence per saham.

Enel naik 2 persen setelah menyatakan bahwa akan berinvestasi lebih banyak ke dalam divisi energi dan jaringan terbarukan. Spectris melonjak lebih dari 10 persen setelah menerbitkan pembaruan perdagangan, yang mengatakan bahwa kinerja setahun penuh untuk tahun ini kemungkinan akan sejalan dengan perkiraan mereka.

Di bagian bawah tolok ukur Eropa, Wirecard turun 5,5 persen setelah memodifikasi proyeksinya, dengan mengatakan itu melihat pendapatan 2019 sebelum bunga, pajak, depresiasi dan amortisasi berada di dalam wilayah 740 juta hingga 800 juta euro. Julius Baer juga membukukan kerugian yang tajam, turun lebih dari 7 persen, setelah menerbitkan pembaruan pendapatan terbaru.

Sentimen pasar datang di bawah tekanan tambahan pada Selasa, menyusul penurunan tajam yang terlihat di Wall Street semalam. Dow Jones Industrial Average selesai hampir 400 poin pada penutupan pada hari Senin, karena beberapa saham teknologi terkemuka terpukul, termasuk Apple dan Facebook.

Pada hari Senin, sebuah laporan muncul yang menyatakan bahwa pesanan produksi iPhone Apple sedang dikurangi. Akibatnya, kelemahan ini melihat saham Eropa mencapai terendah tiga minggu pada hari Selasa. Sejumlah saham teknologi berada di bawah tekanan, dengan sektor turun 2 persen.

Beralih fokus, Brexit terus menjadi sorotan pasar, dengan pemerintah Inggris menjadi sorotan, setelah serangkaian pengunduran diri dan penurunan dramatis dalam mata uang yang terjadi minggu lalu. Terlepas dari pertentangan seputar rancangan perjanjian penarikan saat ini, Perdana Menteri Theresa May terus berdiri di atas masalah ini, mengatakan kepada para pemimpin bisnis bahwa kesepakatan ini menempatkan keberhasilan ekonomi negara itu di atas segalanya.

Uni Eropa diperkirakan akan mengadakan pertemuan puncak untuk membahas perjanjian ini selama minggu mendatang, sementara kekhawatiran bahwa May bisa menghadapi kemungkinan mosi tidak percaya masih menggantung.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, bursa Eropa akan mencermati pergerakan bursa Wall Street yang berpotensi naik dengan bargain hunting saham teknologi, juga jika data Housing Starts dan Bulding Permit Oktober AS terealisir meningkat.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here