Bursa Eropa Bergerak Mantap Terdukung Kesepakatan Brexit Uni Eropa-Inggris

821

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa rally Senin (26/11), pasca tercapainya kesepakatan Brexit antara Inggris dengan Uni Eropa.

Indeks STOXX 600 Eropa naik sekitar 0,8 persen, dengan perdagangan bursa utama naik tajam. Di seluruh papan, sektor menunjukkan gambaran positif dengan bank, otomotif, dan asuransi yang memimpin kenaikan.

Indeks FTSE Inggris naik 0,69 persen. Indeks DAX Jerman naik 1,14 persen. Indeks CAC Perancis naik 0,69 persen.

Pemberi pinjaman Eropa melonjak lebih dari 2,4 persen pada Senin sore, dengan sejumlah bank Italia – termasuk Unicredit, Banco BPM dan Intesa Sanpaolo – mencapai bagian atas benchmark. Italia terus diawasi ketat, karena investor memantau pembahasan anggaran yang sedang berlangsung.

Pada hari Senin, Reuters melaporkan, mengutip dua sumber pemerintah, bahwa pemerintah yang mengatur koalisi dapat memangkas target defisit anggaran 2019 ke serendah 2 persen dari produk domestik bruto, untuk menghindari prosedur disipliner dari Brussels. Kenaikan di bank-bank Italia mendorong MIB FTSE, yang melonjak sebanyak 2,5 persen dalam transaksi sore.

Di sisi perusahaan, Eurofins Scientific naik lebih dari 5 persen, setelah kelompok pengujian laboratorium mengkonfirmasi tujuannya untuk 2018, dan memperpanjang tujuan pertumbuhan organiknya melampaui 2020. John Wood Group naik hampir 5 persen setelah HSBC meningkatkan peringkatnya dari saham tersebut dari ” tahan ” menjadi ” beli. “

Di ruang teknologi, Logitech mengumumkan hari Minggu bahwa pihaknya telah menghentikan pembicaraan untuk mengakuisisi Plantronics, sebuah kelompok elektronik AS. Saham produsen Swiss naik lebih dari 2,5 persen pada hari Senin.

Saham energi menerima dorongan selama sesi karena harga minyak memangkas beberapa kerugian mereka dari penurunan Jumat. Dalam perdagangan Eropa, minyak mentah AS melayang sedikit di atas $ 51, sementara minyak mentah Brent berfluktuasi sekitar $ 60 per barel.

Selama akhir pekan, para pemimpin dari Uni Eropa (UE) memilih untuk mendukung kesepakatan penarikan Brexit yang ditata oleh Perdana Menteri Inggris Theresa May. Sementara dukungan dari Uni Eropa menunjukkan kemajuan untuk kesepakatan penarikan May, kesepakatan masih membutuhkan persetujuan parlemen. Pemimpin Inggris sekarang harus menghadapi pejabat di negara asalnya selama beberapa minggu ke depan.

Di tempat lain, investor melihat ke depan untuk KTT G-20 yang akan berlangsung di Argentina akhir pekan ini, di mana Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping akan bertemu. KTT akan diawasi secara ketat untuk bagaimana hubungan antara kedua negara berkembang, di samping berita lebih lanjut seputar perdagangan.

Dalam berita data, angka terbaru Ifo Business Climate mengungkapkan Senin bahwa sentimen di antara perusahaan-perusahaan Jerman telah menunjukkan tanda-tanda kelemahan dalam sebulan terakhir, dengan indeks turun untuk ketiga kalinya berturut-turut. Pada bulan November, turun menjadi 102,0 poin, dibandingkan dengan 102,9 poin bulan lalu.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya bursa Eropa berpotensi naik dengan tercapainya kesepakatan Brexit antara Uni Eropa dengan Inggris.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here