Dolar AS Menguat Jelang Pidato Powell

765

(Vibiznews – Forex) Dolar AS naik pada hari Rabu (28/11) menjelang pidato ketua Federal Reserve yang dapat memberikan wawasan rencana bank sentral untuk pengetatan moneter dan reaksinya terhadap kritik baru-baru ini oleh Presiden AS Donald Trump.

Dolar AS telah berada di bawah tekanan dalam beberapa pekan terakhir pada tanda-tanda the Fed mungkin memperlambat laju kenaikan suku bunga di tengah perlambatan pertumbuhan global, pendapatan perusahaan yang meningkat dan meningkatnya ketegangan perdagangan.

Dolar AS, mata uang paling likuid di dunia ini telah meningkat 10 persen sejak Januari.

Investor juga akan fokus pada apakah Ketua Fed Jerome Powell membahas meningkatnya perselisihan dari Trump, yang mengatakan dalam sebuah wawancara pada hari Selasa dia “bahkan sedikit tidak senang” dengan Powell dan bahwa kebijakan Fed merugikan ekonomi.

Analis mengatakan tidak mungkin ada campur tangan politik yang akan mengubah pendekatan Fed.

Indeks dolar, yang mengukur nilainya terhadap enam mata uang utama lainnya, naik 0,2 persen diperdagangkan pada 97,51, tertinggi sejak 13 November. Mata uang telah meningkat selama tiga sesi berturut-turut dan hanya di bawah tinggi tahun ini di 97,69.

Kekuatan dolar juga mencerminkan risiko di sekitar KTT G20 di Buenos Aires dari 30 November – 1 Desember. Trump dan mitranya dari Cina, Xi Jinping, dijadwalkan untuk membahas masalah perdagangan yang diperdebatkan di sana.

Trump mengatakan pekan ini bahwa “sangat tidak mungkin” dia akan menerima permintaan China untuk menunda kenaikan tarif yang direncanakan. Itu mendorong investor ke mata uang safe-haven seperti dolar dan yen.

Yen pada hari Rabu mencapai level terendah dua minggu di 113,85 pada hari Rabu.

Euro jatuh 0,2 persen terhadap dolar menjadi $ 1,1267. Ini telah kehilangan 1,5 persen dari nilainya dalam sesi terakhir pada tanda-tanda ekonomi zona Eropa melemah dan ketegangan antara Uni Eropa dan Italia atas anggaran Roma.

Sterling melemah ke $ 1,2733. Pedagang memperkirakan bahwa Perdana Menteri Inggris Theresa May akan gagal untuk mendapatkan perjanjian Brexit melalui parlemen.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pergerakan mata uang dolar AS selanjutnya akan mencermati pidato dari ketua The Fed, yang jika memperkuat kenaikan suku bunga, akan juga memperkuat dolar AS.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here