Inflasi Zona Eropa Akhir Tahun 2018 Turun Terendah 8 Bulan

1077

(Vibiznews – Economy & Business) Inflasi untuk wilayah 19-negara berdiri di 1,6 persen pada bulan terakhir 2018, turun dari 1,9 persen pada November dan terendah yang tercatat sejak April, menurut angka yang dirilis oleh badan statistik Uni Eropa Eurostat.

Harga energi berada di belakang penurunan, jatuh hampir setengah dari inflasi 9,1 persen pada November menjadi hanya 5,5 persen bulan lalu.

Makanan, alkohol dan tembakau adalah kontributor terdekat berikutnya, turun menjadi 1,8 persen dari 1,9 persen pada November, sementara sektor layanan kolektif zona Eropa tetap datar di inflasi 1,3 persen.

Namun, inflasi inti yang mendasarinya, yang mengabaikan harga energi yang fluktuatif, tetap pada satu persen, menunjukkan Bank Sentral Eropa (ECB) belum berhasil mendorong inflasi selama tahun ini.

Penurunan ini dapat memberikan ECB jeda untuk berpikir sebelum menaikkan suku bunga, dengan ECB bertujuan untuk tingkat inflasi hanya di bawah dua persen.

Sementara itu, aktivitas bisnis di zona Eropa terhuyung ke level terendah empat tahun pada bulan Desember, menurut ukuran yang diikuti dengan cermat.

Produksi ekonomi di seluruh blok jatuh ke 51,1 bulan lalu, turun dari 52,7 pada November, indeks manajer pembelian komposit IHS Markit euro menunjukkan.

Ekonomi blok bergerak lebih dekat ke ukuran 50 yang menunjukkan tidak ada pertumbuhan pada indeks.

Chris Williamson, kepala ekonom bisnis di IHS Markit, mengatakan: “Ekonomi zona Eropa bergerak turun pada akhir 2018, dengan pertumbuhan turun dari kenaikan suku bunga pada awal tahun.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here