Bagaimana Menjadi WPPE ?

35186

Anda bisa menjadi sales equity (stockbroker) atau wakil perantara pedagang efek (WPPE) yang melakukan fungsi pemasaran perdagangan saham perusahaan-perusahaan publik (yang sudah go public) yang telah tercatat di Bursa Efek Indonesia.

Posisi sebagai sales equity adalah posisi yang sangat penting karena diharuskan untuk memberikan informasi dan analisa yang cukup kepada nasabah  sehingga nasabah dapat mengambil keputusan untuk  jual atau beli saham dengan basis keuntungan dan peranan ini dilakukan setiap hari.

Untuk dapat menyediakan informasi dan hasil analisa yang cukup dalam pengambilan keputusan yang membawa keuntungan bagi nasabah, memerlukan pelatihan-pelatihan khusus dan tentunya didukung pengalaman kerja (jam terbang Anda) .

Di Indonesia, OJK mengharuskan adanya ijin perorangan bagi para pelaku perorangan yang menjalankan profesi dibidang Pasar Modal Indonesia. Kelulusan ujian kecakapan profesi merupakan salah satu persyaratan untuk memperoleh ijin perorangan dari OJK di bidang WPPE.

Di Indonesia, Panitia Standar Profesi adalah lembaga penguji yang bentuk oleh OJK yang mengemban tugas untuk melakukan pengujian kecakapan bagi pelaku Pasar Modal.

Langkah-langkah untuk menjadi salesequity (stockbroker), Anda harus memulainya dengan bekerja disebuah pekerjaan sekuritas dan pengalaman kerja menjadi sangat penting untuk mematangkan Anda

Rencanakan masa depan anda

  1. Dapatkan pendidikan yang cukup.

Agar lebih dapat bersaing dengan lebih baik pastikan Anda menguasai dengan baik  mata kuliah seperti matematika, keuangan, investasi dan pengelolaan keuangan. Selain itu penguasaan yang kuat pada pengetahuan mengenai mata kuliah tersebut juga akan memudahkan Anda untuk beriteraksi dengan calon klien dan yang paling penting adalah Anda dapat lulus ujian yang diwajibkan bagi Anda.

  1. Bekerja disebuah perusahaan sekuritas.

Perusahaan dimana Anda bekerja akan mensponsori anda untuk mendapatkan lisensi sebagai WPPE. Pengalaman bekerja disebuah perusahaan sekuritas akan menambah pengetahuan dan pengalaman kerja yang berguna nanti saat mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh PSP ( Panita Standar Profesi ).

Ada sekitar 119  perusahaan sekuritas di Indonesia, pilihlah yang mengedepankan edukasi bagi nasabah mereka dan yang juga menyiapkan professional Pasar Modal yang handal untuk melayani setiap nasabah mereka.

Ambillah kursus-kursus persiapan Ujian WPPE yang diadakan oleh pihak – pihak independen. Pada umumnya kursus tersebut akan membekali calon peserta ujian WPPE pengetahuan mengenai Pasar Modal Indonesia ditambah Analisa Teknikal dan Fundamental. Kursus berlangsung rata-rata selama 16 jam.

  1. Ikuti Ujian WPPE

Daftarkan diri Anda pada jadwal ujian yang sudah ditentukan sebelumnya oleh PSP. (dalam 1 tahun ada 3 kali kesempatan ujian )

Angka kelulusan anda adalah 65, dan ujian biasanya berlangsung selama 2 jam dengan 100 soal. Ujiannya terdiri dari 5 topik yaitu Pengetahuan Tentang Saham

Secara lengkap sesuai SK Ketua Bapepam No.Kep-25/PM/19996, seseorang dapat memperoleh ijin WPPE bila memenuhi syarat yang telah ditentukan oleh yaitu :

  1. Lulus ujian yang diselenggarakan oleh Panitia Standar Profesi atau pengalaman

    di bidang Pasar Modal

  1. Cakap melakukan perbuatan hukum
  2. Tidak pernah melakukan perbuatan tercela dan atau dihukum karena terbukti

    melakukan tindak pidana di bidang keuangan

  1. Memiliki akhlak dan moral yang baik
  2. Tidak pernah dinyatakan pailit yang dapat mengganggu kesanggupannya untuk

    melaksanakan tugas-tugasnya secara wajar dan jujur.

Ujian akan meliputi lima (5) bidang pembahasan utama dengan perkiraan persentase yang akan diuji untuk setiap bidang :

  1. Undang-undang Pasar Modal : 20%

    ( Undang-undang RI No. 8 tahun 1995 tentang Pasar Modal beserta seluruh peraturan pelaksanaannya )

  1. Kode Etik : 20%
  2. Analis Keuangan / Keuangan Perusahaan : 23%
  3. Operasi dan Perdagangan Perantara Efek : 17%
  4. Pengetahuan Tentang Efek : 20%

Rencanakan masa depan anda dan raihlah kesempatan emas yang ditawarkan industri Pasar Modal Indonesia.

Referensi : www.idx.com

Untuk pendaftaran silahkan menghubungi sdr. Dodo 0812.10881190, email: infovblc@vibizconsulting.com.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here