PM Inggris Gagal Yakinkan Brexit di Parlemen; Bagaimana Langkah May Selanjutnya?

639

(Vibiznews – Economy & Business) Perdana Menteri Inggris Theresa May gagal meyakinkan anggota parlemen di majelis rendah Parlemen, untuk menandatangani rancangan perjanjian penarikan Inggris dari Uni Eropa. Hal ini membuat negara itu mengalami banyak ketidakpastian politik.

RUU tersebut ditolak oleh 432 suara terhadap 202. Kekalahan 230 suara dianggap sebagai yang terbesar dalam sejarah politik Inggris.

Pemerintah Inggris sekarang hanya memiliki tiga hari kerja untuk memetakan rencana aksi baru. Dengan Parlemen tidak ditetapkan untuk bertemu pada hari Jumat, itu berarti rencana baru harus disepakati dengan Eropa dan disampaikan kepada anggota parlemen Inggris pada penutupan bisnis pada hari Senin 21 Januari.

Yang menjadi pertanyaan apakah perdana menteri dapat mengubah kesepakatan untuk mengubah pikiran anggota parlemen. Dengan hasil penolakan ini, maka pemerintah Inggris perlu melakukan beberapa cara untuk mengupayakan persetujuan rancangan penarikan ini.

May mungkin akan melakukan negosiasi lagi. May dan timnya mungkin percaya ada sejumlah besar anggota parlemen yang dekat yang dapat mengubah pemikiran mereka. Bisa jadi May juga akan berjuang lagi di Brussels dalam upaya untuk merebut konsesi lebih lanjut dari Eropa.

Salah satu batu sandungan utama adalah “backstop” Irlandia Utara, yang bertindak sebagai jaring pengaman untuk mencegah perbatasan keras dengan Republik Irlandia, yang tersisa sebagai negara anggota UE. Banyak kritikus May melihat ketentuan ini sebagai cara di mana Inggris dapat diikat ke Uni Eropa tanpa batas.

Uni Eropa telah berusaha untuk menawarkan jaminan bahwa ini tidak akan menjadi masalah, tetapi partai Irlandia Utara yang saat ini mendukung partai Theresa May di pemerintah Inggris mengatakan tidak cukup begitu saja.

Bisa juga dilakukan Pemilihan Umum. Jika mayoritas anggota parlemen dari semua partai politik Inggris menyatakan “tidak percaya pada pemerintahan Yang Mulia,” maka Parlemen saat ini akan memiliki 14 hari untuk menyetujui pmerintahan baru yang akan mengatur negara itu. Jika hal tersebut tidak dapat dilakukan, maka Pemilihan Umum menjadi jalan keluarnya. Uni Eropa telah mengatakan bahwa perubahan dalam kepemimpinan Inggris tidak akan mengubah pendiriannya.

Referendum kedua. Referendum Juni 2016 tentang keanggotaan Uni Eropa secara resmi merupakan jajak pendapat yang tidak mengikat, tetapi anggota parlemen berjanji kepada publik bahwa mereka akan bertindak atas hasilnya.

Momentum telah tumbuh untuk referendum kedua yang menurut para pendukung akan mengukur selera publik untuk Brexit. Mantan Perdana Menteri Buruh Gordon Brown mengatakan kepada CNBC hari Senin bahwa ia yakin referendum lain lebih mungkin.

Perpanjangan Pasal 50. Ada beberapa khususnya yang dari partai-partai oposisi, yang percaya negosiasi baru antara UE dan Inggris masih mungkin. Inggris dan Irlandia Utara akan meninggalkan Uni Eropa dalam waktu kurang dari tiga bulan sehingga setiap upaya pembedahan besar untuk kesepakatan yang ada kemungkinan akan membutuhkan lebih banyak waktu.

Itu berarti perpanjangan Pasal 50 yang merupakan sarana hukum yang digunakan suatu negara untuk meninggalkan kelompoknya. Pemicuan klausa May pada Maret 2017 memicu mundurnya dua tahun ke Inggris pada 29 Maret. Perpanjangan harus disetujui oleh 27 anggota UE lainnya. Tidak jelas dalam keadaan apa mereka akan menyetujuinya dan berapa lama mereka setuju untuk memperpanjangnya.

Bisa juga diputuskan Tidak ada Brexit. Setiap langkah menuju referendum kedua atau perpanjangan Pasal 50 akan meningkatkan spekulasi bahwa Inggris tidak akan benar-benar meninggalkan UE. Pada hari Senin, May menyampaikan pidato yang mengklaim hasil seperti itu akan mengakibatkan kerusakan besar terhadap kepercayaan masyarakat terhadap sistem politik Inggris.

Bagaimana untuk Brexit tanpa kesepakatan? Jika Uni Eropa tidak mau mengalah, dan anggota parlemen Inggris tidak dapat menandatangani kesepakatan, maka kemungkinan tidak ada kesepakatan yang terjadi.

Beberapa analisis telah memperingatkan kerusakan ekonomi ekstrem yang menyebabkan Eropa tanpa kesepakatan bisa terjadi. Sebuah laporan Bank of England pada akhir 2018 mengatakan jika skenario seperti itu disetujui, maka pengangguran bisa naik menjadi 7,5 persen, harga rumah bisa turun 30 persen, sterling mungkin jatuh, dan ekonomi bisa menyusut sekitar 8 persen selama satu tahun.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here